PDIP Perkasa Dua Edisi Sebelumnya, Akankah Mereka Kembali Berkoalisi? Ternyata Oh Ternyata...

Nasional | wartaekonomi | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 06:01
PDIP Perkasa Dua Edisi Sebelumnya, Akankah Mereka Kembali Berkoalisi? Ternyata Oh Ternyata...

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Perjuangan, Arif Wibowo mengatakan partainya akan tetap berkoalisi di Pilpres 2024. Meski demikian, ia mengatakan bahwa partainya belum memutuskan untuk menetapkan calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung. Begitu juga dengan partai-partai yang akan berkoalisi dengan PDIP.

"Pada saatnya nanti kita memutuskan siapa kah capres dan cawapres yang akan diusung oleh partai dengan koalisi partainya partai apa saja," ujar Arif dalam acara rilis survei Politika Research & Consulting bersama Parameter Politik Indonesia, Senin (27/12/2021).

Lebih lanjut, Ia menuturkan koalisi yang dibangun PDIP akan berbasis kesepahaman tentang Indonesia di masa yang akan datang.Menurut dia, ada sejumlah hal yang perlu dibicarakan sebelum memutuskan koalisi, antara lain soal visi misi partai, visi misi calon, serta kemanfaatannya bagi masing-masing partai.

"Jadi banyak hal yang menjadi variabel yang akan menentukan atas bangunan koalisi," kata Arif mengatakan partainya bisa saja mengusung sendiri calon presiden dan wakil presdien untuk 2024.

Namun, ia menyatakan bahwa pihaknya akan berkoalisi dengan partai lain untuk Pilpres 2024."Koalisi itu selalu kami sampaikan itu suatu keniscayaan, sekalipun PDI Perjuangan secara konstitusional, secara legal formal kita adalah satu-satunya partai yang bisa mengusung calon presiden dan calon wakil presiden," ujar Arif.

Ia menjelaskan, Indonesia adalah negara yang memiliki beragam suku, agama, bahasa, dan budaya. Oleh karena itu, dibutuhkan pula cara pandang dari pihak lain dalam meramu visi dan misi jelang Pilpres 2024.

"Jadi, kita pasti berteman nanti dengan partai-partai yang lain, untuk mengusung siapa capres-cawapresnya berbasis pada kesepahaman dan kesepakatan kita tentang Indonesia masa yang akan datang," ujar Arif.

Ia mengatakan PDIP saat ini disebut hanya fokus untuk menguatkan internal partai. Dalam organisasi partai yang difokuskan adalah struktur partai, alat kelengkapan partai dan juga sayap-sayap partai. Selain itu, PDIP tengah berfokus untuk menguatkan kerja rakyat. []

Artikel Asli