Salah Sangka, Iklan Rumah Sakit Disebut-sebut Syuting Omicron

Nasional | jawapos | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 05:48
Salah Sangka, Iklan Rumah Sakit Disebut-sebut Syuting Omicron

VIDEO sekelompok orang mengenakan hazmat di sebuah ruangan muncul di timeline Twitter. Rekaman itu juga memperlihatkan orang yang berdiri tanpa hazmat tampak seperti mengarahkan sembari membawa perlengkapan kamera. Katanya, situasi itu merupakan Omicron sesi satu.

Omicron Season 1. coming to a mainstream news outlet near you soon. Begitu keterangan yang tertera dalam video yang diunggah akun Twitter @Natalie_Natal1e. Dalam tayangan itu, seolah-olah situasi tersebut seperti rekayasa atau hasil dari syuting film (bit.ly/SesiSatuOmicron).

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan situasi di lokasi syuting. Tampak lengkap dengan rel luncur untuk kamera. Anehnya, lagi-lagi narasi yang menyertai video itu menyebutkan bahwa video tersebut merupakan rekayasa varian Omicron sesi satu.

Saat ditelusuri, kanal YouTube berbahasa Ibrani mengunggah video itu. Kanal tersebut mengunggah video itu pada 26 Maret 2021. Judul video berbahasa Ibrani itu berbunyi Pusat Medis Shamir kekuatan teknologi yang inovatif.

Jika melihat kanal tersebut secara saksama, rekaman @Natalie_Natal1e itu memang memperlihatkan syuting. Tapi, tidak mengabarkan untuk kondisi varian Omicron yang sudah menjangkiti 95 negara.

Video identik itu terlihat dalam durasi 1 menit 31 detik. Tampak orang ber-hazmat berlari mendorong brankar dan lokasi tersebut berada di Pusat Medis Shamir atau Assaf Harofeh, rumah sakit pemerintah terbesar keempat di Israel. Pusat Medis Shamir yang belum pernah terlihat sebelumnya dalam ringkasan fotografi 2020: tahun virus corona. Begitu keterangannya. Anda dapat melihatnya di bit.do/IsraelMaret2021.

Penelusuran lainnya, situs pencari fakta Agence France-Press (AFP) juga mengulas informasi itu. Bahwa klip itu sebenarnya adalah iklan untuk Pusat Medis Shamir di Israel pada 26 Maret 2021. Liad Aviel, juru bicara pusat medis di Tel Aviv, mengatakan bahwa klip tersebut sesuai dengan kamar rumah sakit dan difilmkan dalam upaya untuk mempromosikan fasilitasnya.

Aviel mengatakan, seorang karyawan rumah sakit telah merekam adegan itu dan membagikannya di Facebook. Sayangnya, itu menjadi berita palsu, tetapi kami tidak ada hubungannya dengan itu, katanya kepada AFP pada 11 Maret 2021. Selengkapnya, Anda dapat membacanya di bit.do/IklanRumahSakit.

FAKTA

Cuplikan rekaman situasi rumah sakit itu tidak berkaitan dengan Omicron. Klip tersebut merupakan cuplikan film promosi dari rumah sakit di Israel.

Artikel Asli