Berbagi dan Berempati di SD Bosowa Bina Insani

Nasional | republika | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 05:27
Berbagi dan Berempati di SD Bosowa Bina Insani

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dalam rangka implementasi profil pembelajar Pancasila dan profil pembelajar Bosowa School, SD Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor menggelar acara yang bertajuk Berbagi dan Berempati adalah Karakterku.

Acara yang diadakan pada Rabu (22/12) itu hadiri oleh seluruh peserta didik mulai dari kelas 1-6 SD. Walaupun dilaksanakan secara daring, kegiatan ini tetap menarik untuk diikuti seluruh peserta yang hadir.

Principal SD Bosowa Bina Insani, Dra Eka Rafikah menyampaikan, penerapan karakter pada peserta didik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dan cara yang dilakukan SD Bina Insani salah satunya adalah bekerja sama dengan tim ESQ Kids.

Melalui kegiatan bertajuk Berbagi dan Berempati adalah Karakterku ini diharapkan dalam diri para peserta didik tumbuh rasa kasih sayang. Rasa kasih sayang ini merupakan bagian dari sifat Allah yang ada di Asmaul husna , ujar Eka seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia menambahkan, tentu saja kegiatan ini memiliki harapan dan dampak baik ke depannya. "Harapannya dengan mencontoh sifat sifat Allah dalam Asmaul husna ini peserta didik semakin kuat rasa sayangnya pada semua makhluk ciptaan Allah yang memerlukan bantuan. Rasa berbagi dan berempatinya semakin terasah dan tertanam dalam diri sehingga menjadi karakter dalam dirinya masing-masing, pesan Eka.

photo
Tim ESQ Kids mengisi acara Berbagi dan Berempati adalah Karakterku yang diadakan oleh SD Bosowa Bina Insani (BBI) Bogor, Rabu (22/12). (Foto: Dok Bosowa School)

Hal yang menarik, kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ibu yang jatuh pada setiap tanggal 22 Desember. Karenanya tim ESQ memanfaatkan momentum baik ini dengan cara setiap peserta diajak untuk bersama-sama berintrospeksi atas sikap dan perilaku selama ini. Salah satunya peserta didik diajak bercerita mengungkapkan suara hatinya.

Pesan yang diharapkan tim ESQ yakni semua peserta didik memiliki nilai-nilai baik seperti kasih sayang, jujur, tanggung jawab, disiplin, kerja sama, peduli, dan suci. Hal ini sesuai dengan Asmaul Husna, nama-nama baik Allah.

Artikel Asli