The Batman Bakal Dirilis di HBO Max April 2022

Nasional | republika | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 00:50
The Batman Bakal Dirilis di HBO Max April 2022

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CEO WarnerMedia, Jason Killar, mengonfirmasi bahwa The Batman garapan sutradara Matt Reeves akan dirilis di HBO Max pada April 2022. Tanggal itu tepat sebulan setelah rilis film di bioskop nantinya.

Film tentang pahlawan ikonik DC Comics yang dibintangi Robert Pattinson, Zo Kravitz, Jeffrey Wright, Andy Serkis, Paul Dano, dan Colin Farrell ini menjadi rilis DC dari Warner Bros, tetapi tidak dalam kanon DCEU. Killar menyebutkan, keputusan itu sebagai perubahan besar jika dibandingkan dengan jadwal rilis di tahun-tahun sebelumnya dari 2016 hingga 2019.

"Pikirkan kapan film akan muncul di HBO, yaitu delapan hingga sembilan bulan setelah pemutaran perdana teater. Batman akan muncul pada hari ke 46 di HBO Max. Itu adalah perubahan besar dari tahun 2018, 2017, 2016, kata Kilar, seperti dikutip dari Screen Rant, Senin (27/12).

WarnerMedia mengubah strategi rilisnya untuk memperhitungkan penutupan bioskop dan penguncian akibat pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2021, dimulai dengan Wonder Woman 1984. Meskipun disambut protes dari sutradara dan industri setelah pengumuman, Warner Bros. tetap merilis Wonder Woman 1984 ke HBO Max bersamaan dengan rilis bioskop. Strategi serupa digunakan untuk rilis The Suicide Squad, Dune, dan The Matrix Resurrections.

Dengan dibukanya kembali bioskop kali ini, Killar tampal mempertimbangkan kembali strategi tersebut. Dia menyatakan Warner Bros. akan merilis ulang daftar film ke bioskop terlebih dahulu. The Batman dinilai menjanjikan untuk menjadi salah satu rilis yang paling dinanti dan menguntungkan tahun ini.

Namun, dengan meningkatnya jumlah kasus varian omicron dan ketidakpastian seputar varian di masa depan, belum ada jaminan bahwa penerapan pembatasan sosial di masa depan dapat dihindari. Dengan demikian, ada kemungkinan bahwa studio dapat kembali ke rencana rilis simultan aslinya pada Maret 2022.

Batman memiliki perjalanan panjang dan kompleks dari produksi ke layar. Film awalnya akan ditulis, diarahkan sekaligus dibintangi Ben Affleck. Setelah Affleck meninggalkan proyek, Reeves bergabung dengan film, untuk kemudian mengerjakan ulang cerita dan fokus pada versi pahlawan lebih muda di luar garis waktu utama DCEU.

Pembuatan film dimulai pada tahun 2020 di seluruh Glasgow dan Liverpool di Inggris. Namun, produksinya sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, termasuk saat Pattinson dinyatakan positif pada September 2020. Akibat penundaan tersebut, tanggal rilis diundur dari Juni 2021 menjadi 4 Maret 2022 di bioskop.

Artikel Asli