Rel Ganda Bogor-Sukabumi Ditargetkan Uji Coba Maret 2022

Nasional | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 00:37
Rel Ganda Bogor-Sukabumi Ditargetkan Uji Coba Maret 2022

BOGOR - Progres pembangunan proyek nasional rel kereta api ganda atau double track Bogor-Sukabumi sudah mencapai sekitar 90 persen. Ditargetkan, jalur tersebut bisa diuji coba sampai Stasiun Cicurug pada Maret 2022.

"Ditargetkan Maret 2022 kita sudah bisa uji coba sampai Cicurug. Kita lihat apakah bisa langsung double track, atau kombinasi. Karena ada beberapa jembatan masih dalam proses, tapi mudah-mudahan Maret bisa jalan," kata Direktur Prasarana Perkeretaapian pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Harno Trimadi kepada wartawan, Senin (27/12/2021).

Dalam sisa pengerjaan proyek ini ada beberapa tahap yang bisa dilakukan oleh pekerja di program padat karya. Seperti pemasangan ballast dan pemasangan rel atas yang sudah memiliki struktur tanah.

"Progress sudah mencapai hampir 90-an persen ya, hanya tinggal masang ballast. Ini bisa dikerjakan padat karya. Terus kita pasang rel di atas, yang lama sebenarnya struktur di bawahnya," ungkap Harno.

Kemudian, tambah Harno, stasiun-stasiun yang akan dilintasi Kereta Rel Diesel (KRD) ini juga masih dalam proses pembangunan dan perbaikan.

"Kalau stasiunnya sudah semua. Kami akan coba melakukan perbaikan seperti Stasiun Paledang diperbesar, Stasiun Batutulis mungkin kita akan geser. Tapi kalau relnya sudah bisa digunakan," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi V DPR RI Eem Marhamah Zulfa mengapresiasi program padat karya Kementerian Perhubungan dalam proyek ini.

"Jadi berkesinambungannya mungkin tidak kayak semacam menjadi karyawan. Namanya juga kan padat karya, ketika ada proyek ada skema subnya ada diantaranya partisipasi. Terus kemudian nanti kesinambungannya seperti disampaikan Kemenhub akan ada skema pemeliharaan. Itu pasti akan ada pelibatan lagi masyarakat," tutur Eem.

Artikel Asli