Dompet Dhuafa Lampung Dampingi Peternak Lebah Madu

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 23:56
Dompet Dhuafa Lampung Dampingi Peternak Lebah Madu

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG Dalam program pemberdayaan tahun 2021, Dompet Dhuafa (DD) Lampung mendampingi peternak lebah madu di Bangunrejo, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung. Menggunakan dana zakat, dapat mendorong perubahan mustahiq menjadi muzaki di kemudian hari.

Ari Setiawan yang merupakan penerima manfaat program ini mengatakan, bantuan yang diberikan oleh DD Lampung sangat membantu dirinya dalam mengoptimalkan peternakan lebah madunya.

Mulanya, Ari memiliki cita-cita menyediakan madu murni untuk orang tuanya yang sudah lansia saja. Namun ia memiliki cita-cita lebih besar agar bisa menyediakan madu murni sehat dengan harga terjangkau untuk masyarakat.

Selama ini Ari Setiawan mengatakan, terkendala akibat kekurangan stup, sehingga produktifitas madunya rendah. Padahal permintaan madu murni cukup tinggi di wilayah tersebut.

"Selama dua tahun ini saya ke kesana-kemari untuk cari lebah madu mas, karena saya tidak punya uang untuk membeli stup ya saya pindahkan dahulu ke tempat-tempat tinggal lebah sementara yang dibuat dari batang pohon kelapa," kata Ari Setiawan dalam keterangan persnya, Ahad (26/12).

Ia mengungkapkan, lebah yang belum dimasukan ke dalam stup akan berisiko untuk dipanen dan berakibat juga kepada koloni lebah yang akan pergi dari sarangnya.

Hadirnya bantuan melalui program DD Lampung ini diakui Ari sangat mebantu dan menambah semangatnya. "Terimakasih kepada Dompet Dhuafa dan juga seluruh donatur yang sudah ikut serta dalam kebaikan ini," ujarnya.

Pemimpin Cabang DD Lampung Yogi Achmad Fajar mengatakan, program pendampingan kepada peternak madu ini adalah wujud nyata untuk membantu para mustahiq dalam meningkatkan ekonomi.

"Pada dasarnya, program ini kami harapap dapat membantu mustahiq untuk tumbuh berkembang dengan meningkatnya produktifitas madu sehingga pendapatan ekonominya meningkat," kata Yogi.

Selain itu, ia mengatakan, program bertujuan untuk membantu masyarakat lebih mudah mendapatkan madu murni. Masyarakat sekitar bisa jg belajar langsung bagaimana membudidayakan dan memanen lebah madu melalui peternak yang telah mahir dari hasil dampingan DD Lampung.

Artikel Asli