Evakuasi Ular Kobra, Relawan Reptil Tergigit hingga Nyawanya Nyaris Tak Tertolong

Nasional | okezone | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 23:02
Evakuasi Ular Kobra, Relawan Reptil Tergigit hingga Nyawanya Nyaris Tak Tertolong

TANGERANG SELATAN - Proses evakuasi seekor ular kobra sepanjang 2 meter di permukiman warga di Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), berakhir tragis. Seorang relawan reptil, Doni F Setiaji (50), terkena gigitan di bagian tangan saat membantu melepas ikatan lakban pada kepala ular.

Doni pun sempat dilarikan ke klinik terdekat usai digigit ular. Namun, karena di sana tak ada serum bisa ular, ia diarahkan ke RSU Tangsel di Jalan Pajajaran, Pamulang. Kondisi jalan yang macet di beberapa titik membuat upaya penanganan medis terhadapnya terhambat.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 25 Desember 2021 sore sekira pukul 16.30 WIB. Doni mendapat kabar warga berhasil menangkap seekor ular kobra dengan panjang sekira 2 meter. Sebagai pecinta hewan, dia lantas mendatangi lokasi tersebut.

"Saya cek ke sana. Benar ular kobra, panjangnya sekitar 2 meter. Di sana saya lihat kondisi ularnya udah dililit sama lakban kain yang lebar itu, jadi ketutup semua kepalanya," kata Doni, Minggu (26/12/21).

Doni yang hendak mengevakuasi ular tersebut, terlebih dahulu melepaskan ikatan lakban di bagian kepala ular. Namun setelah terlepas, rupanya sisa bahan perekat pada lakban masih menempel di kepala ular dan juga tangan kirinya.

"Jadi masih nempel ditangan saya sama ular itu, terus langsung digigit jari telunjuk saya. Habis itu langsung dibawa ke klinik, di sana ternyata nggak ada serumnya," tuturnya.

Artikel Asli