Spider-Man: No Way Home Lewati Rp14,1 Triliun di Box Office

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 22:20
Spider-Man: No Way Home Lewati Rp14,1 Triliun di Box Office

REPUBLIKA.CO.ID, Film Spider-Man: No Way Home kini telah melewati raihan pendapatan 1 miliar dolar AS (Rp14,1 triliun) di box office. Raihan itu menjadikan film sebagai yang terlaris di tahun 2021.

Spider-Man yang dibintangi aktor Tom Holland tersebut adalah film pertama yang dirilis selama pandemi virus corona. Sejak pandemi, belum ada film yang berhasil meraup angka tersebut setelah dirilis di bioskop. Film telah meraup pendapatan domestik sekitar 406 juta dolar AS, ditambah 922 juta dolar AS di seluruh dunia, seperti dilansir dari Unilad.co.uk, Ahad (26/12).

Prestasi luar biasa ini juga memposisikan Spider-Man: No Way Home sebagai salah satu film tercepat yang mencapai titik ini sepanjang masa, dengan sekuel yang ditunggu-tunggu melewati ambang Rp14,1 triliun hanya dalam 11 hari. Angka itu nyaris serupa dengan Avengers: Infinity War , yang memegang rekor dan hanya dikalahkan oleh Avengers: Endgame dengan waktu lima hari.

Spider-Man: No Way Home menarik 19,7 juta dolar AS pada malam Natal, seperti yang dilaporkan oleh The Hollywood Reporter dilansir Ahad (26/12). Raihan mengakhiri hari itu dengan 405,5 juta dolar AS dalam penjualan tiket domestik.

Hit superhero yang turut menceritakan Peter Parker (Holland) meminta bantuan Doctor Strange itu jadi judul domestik terlaris Sony yang pernah dibuat, tanpa disesuaikan dengan inflasi. Rekor sebelumnya dipegang oleh Jumanji: Welcome to the Jungle tahun 2017 dengan 404,5 juta dolar AS.

Seperti dilansir Collider, raihan domestik menandai pendapatan kotor tujuh hari tertinggi dari semua film dalam franchise Spider-Man, serta pendapatan kotor Desember tertinggi kedua dalam sejarah perfilman.

Menurut Forbes, No Way Home adalah film ke-49 yang melampaui Rp14,1 triliun secara global dalam pendapatan kotor global yang belum disesuaikan. Namun, itu hanya kelima yang mencapai penghargaan ini tanpa China.

Sebelumnya trikuel Spider-Man ini memang sangat dinanti dan telah memiliki pendapatan box office besar di akhir pekan pembukaannya.

Spider-Man: No Way Home tidak hanya menjadi film era pandemi pertama yang menghasilkan 100 juta dolar AS (Rp1,4 triliun) di akhir pekan pertamanya, tetapi juga jadi film pertama yang menghasilkan 200 juta dolar AS (Rp2,9 triliun) pada akhir pekan pembukaannya sejak Avengers: Endgame 2019.

Permintaan tiket No Way Home bahkan menyebabkan beberapa layanan tiket daring mengalami gangguan sementara dengan prajual tiket dibandingkan dengan Avengers: Endgame.


Artikel Asli