11 Contoh teks sejarah berbagai tema, dari fiksi hingga non fiksi

Nasional | brilio.net | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 21:02
11 Contoh teks sejarah berbagai tema, dari fiksi hingga non fiksi

Brilio.net - Dalam bangku sekolah banyak materi bahasa Indonesia yang dipelajari. Satu diantaranya mengenai teks sejarah. Dalam teks sejarah biasanya berisi kisah atau alur peristiwa yang disajikan secara kronologis. Misalnya saja cerita yang mengisahkan asal-usul suatu wilayah atau peristiwa tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata sejarah adalah kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Sehingga teks sejarah bisa didefinisikan sebuah teks yang menjelaskan atau menceritakan fakta kejadian di masa lalu yang mempunyai nilai sejarah.

Sama seperti jenis teks lainnya, teks sejarah memiliki ciri khas yang membedakan teks cerita sejarah dengan jenis teks yang lainnya. Ciri-ciri teks sejarah diantaranya disusun berdasarkan urutan waktu atau kronologis, bersifat recount (menceritakan ulang suatu kejadian), dan berisi fakta. Sehingga akan lebih mudah dipahami.

Selain itu, dalam teks cerita sejarah terdapat tiga macam struktur teks, yaitu orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi. Pada orientasi berisi pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah. Kemudian dibagian urutan peristiwa, menjelaskan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi dan disusun berdasarkan urutan kronologis. Kemudian, pada bagian reorientasi berisi komentar pribadi penulis terhadap cerita yang ditulisnya.

Agar lebih mudah memahaminya, berikut brilio.net sajikan 11 contoh teks sejarah berbagai tema. Baik itu dari jenis teks sejarah fiksi (novel, cerpen, legenda, roman, dll) ataupun non fiksi (autobiografi, catatan sejarah, cerita perjalanan). Dihimpun dari berbagai sumber pada Minggu (26/12).

1. Contoh teks sejarah tentang proklamasi kemerdekaan.

foto: freepik.com

Orientasi:

Kemerdekaan Indonesia telah diraih lebih dari 76 tahun yang lalu, tepatnya pada 17 Agustus 1945. Kemerdekaan tersebut tidak diraih secara tiba-tiba.

Bukan karena Jepang yang sebelumnya pernah menjanjikan kemerdekaan untuk Indonesia. Namun, kemerdekaan ini diraih setelah melalui beberapa peristiwa sejarah.

Urutan peristiwa:

Dimulai dengan pembentukan BPUPKI pada Maret 1945 untuk merumuskan dasar negara, yaitu Pancasila. Setelah itu, pada 7 Agustus 1945, BPUPKI diubah menjadi PPKI dan Panitia 9 untuk persiapan kemerdekaan Indonesia. Proses perumusan teks proklamasi dimulai pada malam hari tanggal 16 Agustus, setelah Ir. Soekarno dan M.Hatta pulang dari Rengasdengklok.

Perumusan teks tersebut bertempat di kediaman Laksamada Maeda saat dini hari. Teks dibuat dan dirundingkan bersama, serta ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan M. Hatta, atas nama bangsa Indonesia.

Lalu, teks Proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Keesokan harinya, teks Proklamasi dibacakan oleh Ir. Soekarno di kediamannya, Jalan Pegangsaan Timur 56. Disaksikan oleh beberapa tokoh nasional, seperti Soewirjo, Trimurti, Ahmad Soebarjo, dan warga Indonesia lainnya.

Dengan dibacakannya teks Proklamasi, Indonesia dinyatakan merdeka. Berita kemerdekaan Indonesia itu tersebar dengan cepat melalui radio dan surat kabar.

Setelah Indonesia merdeka, pemerintah segera mengesahkan undang undang dan membentuk MPR untuk menyempurnakan pemerintahan Indonesia.

Reorientasi:

Kemerdekaan Indonesia terjadi pada 73 tahun silam, tepatnya 17 Agustus 1945, setelah pembentukan BPUPKI yang bertujuan untuk merumuskan dasar negara atau Pancasila, dan PPKI. Setelah itu, teks proklamasi dirumuskan bersama oleh beberapa tokoh nasional di rumah Laksamana Maeda.

Keesokan harinya, Indonesia dinyatakan merdeka setelah pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno. Berita kemerdekaan menyebar dengan cepat melalui radio dan surat kabar. Pemerintah juga segera mengesahkan UU dan membentuk MPR untuk menyempurnakan kepemerintahan Indonesia.

2. Contoh teks sejarah tentang Candi Borobudur.

foto: freepik.com

Orientasi:

Candi Borobudur adalah candi peninggalan dari agama Buddha yang terbesar di dunia. Bangunan candi ini dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra sekitar pada 824 Masehi.

Urutan peristiwa:

Monumen Buddha ini memiliki luas yaitu 123 x 123 m. Candi Borobudur memiliki sebanyak 504 patung Buddha, 72 stupa terawang, dan satu stupa induk. Candi Borobudur memiliki arsitektur peta yang menggambarkan kekentalan dari gaya arsitektur yang berasal dari India.

UNESCO telah mengakui dan memakai kemegahan dari arsitektur Candi Borobudur sebagai satu di antara momen Budha terbesar di Indonesia dan juga di dunia.

Dalam menyelesaikan pembangunan Candi Borobudur ini membutuhkan waktu sekitar 75 tahun, di bawah komando dari arsitek Gunadarma dengan 60.000 m batuan vulkanik yang diambil di Sungai Elo dan Progo, yang letaknya sekitar 2 km sebelah timur candi.

Pada saat Candi Borobudur dibangun, sistem metrik belum dikenal dan satuan panjang yang digunakan untuk membuat candi ini adalah tala, yang dihitung dengan cara merentangkan ibu jari dan jari tengah atau pengukur panjang rambut dari dahi sampai dengan dasar dagu.

Reorientasi:

Berdasarkan Prasasti Karangtengah dan Kahulunan, sejarawan J.G. de Casparis memperkirakan pendiri Candi Borobudur adalah Raja Mataram Kuno dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga, ia membangun candi ini sekitar tahun 824 M. Candi ini baru dapat diselesaikan pada masa Ratu Pramudawardhani yaitu putrinya.

3. Contoh teks sejarah diri sendiri.

foto: freepik.com

Orientasi:

Nama saya adalah Luqi Nur Afika biasa d panggil Luqi. saya lahir di Banjarnegara 3 Maret 1998. Saya adalah anak ke dua dari tiga saudara yaitu kakak dan adik perempuanku.

Urutan peristiwa:

Pada tahun 2003 saya masuk ke taman kanak-kanak atau TK. Karena dulu belum ada yang namanya PAUD saya langsung masuk ke TK. Dulu saya selalu berangkat diantar oleh ayah saya setelah diantar ayah saya langsung pergi ke ladang untuk bercocok tanam di kebun.

Pada waktu libur tiba saya kadang ikut ke kebun bersama ayah untuk bermain main di kebun dan sekitar sungai. Setelah beberapa waktu saya masuk ke sekolah dasar atau SD. Saya bersama teman saya yang bernama Dani teman dari diriku kecil sampai saat ini.

Bersama Dani saya selalu duduk satu meja denganya dari kelas 1 sampai kelas 6 SD. Sampai di kelas 5 tepatnya kenaikan ke kelas 6. 2 kelas dibuat satu, satu kelas ada 50 orang dalam satu ruangan bersama.

Dan pada saat lulus sekolah SD saya dan Dani pun berpisah karena kita berdua memasuki sekolah yang berbeda. Saya masuk di SMP Negeri 1 Batur dan Dani masuk ke MTS Muhammadiyah 1 Batur.

Di SMP saya mempunyai banyak kenangan bersama dengan teman teman. Seperti pas waktu MOS atau masa orientasi siswa yang sering di kerjain oleh kakak kelas kami. Tapi kami tidak pernah jengkel atau marah kepada kakak kelas kami, karena memang kami tidak berani melawan kakak kelas.

Setelah lulus SMP saya pun melanjutkan sekolah di SMA 1 Batur Banjarnegara dan ternyata Dani daftar di sekolahan yang sama. Sehingga saya dan dani berdua bersama kembali di sekolah SMA. Karena tahu di MOS SMA saya tidak terlalu minat saya dan Dani tidak mengikutinya. Saat masuk SMA saya sudah seperti remaja nakal biasanya.

Seperti merokok dan bolos sekolah saya biasanya melakukannya bersama dengan teman teman saya. Memang itu suatu hal yang negatif tapi saya mempunyai pengalaman di sekolahan. Tidak kaget juga kalau saya dan teman-teman biasa dipanggil ke ruang BK. Karena kenakalan kami yang sering kepergok oleh guru pas ketahuan merokok di kamar mandi.

Reorientasi:

Selama masa TK SD SMP sampai SMA saya mempunyai banyak kenangan bersama teman teman saya. Dari suka dan duka bersama teman teman saya yang sangat berharga dan tidak bisa digantikan dengan apapun.

4. Contoh teks sejarah tentang tsunai Aceh.

foto: freepik.com

Orientasi:

Peristiwa yang sangat menyedihkan yang terjadi di di bumi serambi Mekkah Aceh. Merupakan gempa bumi dan juga tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 tepatnya pada hari Minggu pagi, tanggal 26 Desember. Terdapat kurang lebih 500.000 nyawa yang melayang dalam sekejap yang ada di seluruh tepian dunia yang berbatasan langsung dengan samudra Hindia.

Di daerah Aceh merupakan korban jiwa yang terbesar di dunia dan terdapat pula ribbon mayat yang tidak dapat ditemukan serta ribuan mayat pula yang dikuburkan secara massal.

Urutan peristiwa:

Gempa yang terjadi di di Aceh tepatnya yaitu pukul 7.58 WIB. Pusat gempa yang terletak pada bujur 3.316 N 95.854 E yaitu kurang lebih 160 KM sebelah barat Aceh sedalam 10 km. Gempa yang terjadi di Aceh tersebut memiliki kekuatan 9,3 Menurut skala Richter berdasarkan dari kekuatan tersebut gempa bumi ini adalah gempa bumi terdahsyat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir yang menghantam wilayah Aceh, Pantai Barat Semenanjung Malaysia, Thailand, Pantai Timur India, Sri Lanka, bahkan sampai Pantai Timur Afrika.

Kepanikan ini terjadi dalam durasi yang tercatat paling lama dalam sejarah kegempaan bumi, yaitu sekitar 500-600 detik (sekitar 10 menit). Beberapa pakar gempa mengatakan menganalogikan kekuatan gempa ini, mampu membuat seluruh bola Bumi bergetar dengan amplitude getaran diatas 1 (satu) cm. Gempa yang berpusat di tengah samudera Indonesia ini, juga memicu beberapa gempa bumi diberbagai tempat didunia.

Gempa yang mengakibatkan tsunami menyebabkan sekitar 230.000 orang tewas di 8 negara. Ombak tsunami setinggi 9 meter. Bencana ini merupakan kematian terbesar sepanjang sejarah. Indonesia, Sri Lanka, India, dan Thailand merupakan negara dengan jumlah kematian terbesar.

Kekuatan gempa pada awalnya dilaporkan mencapai magnitude 9.0. Pada Februari 2005 dilaporkan gempa berkekuatan magnitude 9.3. Meskipun Pacific Tsunami Warning Center telah menyetujui angka tersebut. Namun, United States Geological Survey menetapkan magnitude 9.2. atau bila menggunakan satuan seismik momen (Mw) sebesar 9.3.

Di Indonesia, gempa dan tsunami menelan lebih dari 126.000 korban jiwa. Puluhan gedung hancur oleh gempa utama, terutama di Meulaboh dan Banda Aceh di ujung Sumatera. Di Banda Aceh, sekitar 50% dari semua bangunan rusak terkena tsunami. Tetapi, kebanyakan korban disebabkan oleh tsunami yang menghantam pantai barat Aceh.

Pemerintahan daerah Aceh lumpuh total, saat terjadi gempa bumi dan Tsunami Aceh, kebetulan di Jakarta sendiri sedang di adakan acara Halal Bi Halal masyarakat Aceh pasca menyambut lebaran Idul Fitri. Gempa Bumi yang terjadi pada jam 08.00 WIB dengan 9 Skala Richter Pada tanggal 26 Desember 2004, gempa Bumi dahsyat di Samudra Hindia, lepas pantai barat Aceh.

Tepat jam 09.00 WIB satu persatu masyarakat Aceh yang hadir di Istora Jakarta panik karena hubungan telepon seluler ke Aceh putus total, mata mereka pada berkaca-kaca.

Reorientasi:

Peristiwa ini adalah salah satu peristiwa yang cukup mengenaskan dan merupakan peristiwa yang paling banyak memakan korban yang pernah ada dan terjadi di Indonesia. Semoga kejadian ini tidak akan terjadi lagi di negeri yang tercinta kita ini.

5. Contoh teks sejarah tentang R.A Kartini.

foto: Instagram/@gunungkawistory

Orientasi:

Raden Ajeng Kartini atau yang kita kenal dengan Ibu Kartini, dia adalah salah seorang keturunan keluarga terpandang yang lahir pada 21 April 1879. Dan keluarganya mewariskan suatu hal, yaitu pendidikan. Beliau pernah duduk di bangku sekolah dasar sampai tamat sekolah sekolah dasar.

Beliau tidak pernah puas akan ilmu pengetahuan dan membuat beliau ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, ayahnya tidak sependapat dengan beliau untuk melanjutkan pendidikanya. Tahu sikap ayahnya seperti itu, beliau sedih tidak bisa mengubah keputusan tersebut.

Urutan peristiwa:

Adat di dalam keluarganya, seorang gadis atau wanita yang belum menikah belum dibolehkan keluar rumah atau disebut dipingit. Untuk mengisi waktu luangnya, beliau membaca buku ilmu pengetahuan yang ia miliki. Beliau memang gemar membaca atau kutu buku dan menjadi kesehariannya saat banyak waktu luang.

Bahkan dia tidak takut untuk bertanya kepada ayahnya bila dia tidak mengerti atau kurang paham. Kartini mempunyai teman yang banyak di Belanda dan sering berkomunikasi dengan mereka. Bahkan pernah meminta kepada Mr.J.H. Abendanon, untuk memberikan dirinya beasiswa untuk belajar di Belanda.

Belum sempat menyampaikan keinginannya, namun beliau dinikahkan dengan Adipati dari Rembang yang bernama Raden Adipati Oyodiningrat. Walau begitu, beliau tidak berhenti bercita-cita dan suaminya mendukung pula cita-citanya.Dengan ketekunan, kegigihan, dan suaminya, ia mendirikan sekolah wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Cirebon, dan Malang. Sekolahan tersebut diberi nama dengan dengan sekolahan kartini.

Pada 17 September 1904, Kartini meninggal pada usia 25 tahun saat melahirkan anak pertama dan satu-satunya. Kemudian kisahnya menjadi pelopor emansipasi wanita di tanah Jawa. Kemudian kisah R.A Kartini dibukukan oleh Abendanon dengan judul "Door Duistemis Tot Licht" atau yang kita kenal dengan "Habis Gelap Terbitlah Terang". Buku ini telah menginspirasi wanita di Indonesia tidak hanya pada waktu itu, tetapi sampai sekarang.

Reorientasi:

Jasa R.A Kartini tidak boleh kita lupakan, jasanya harus kita junjung tinggi dan kita tiru sifat pantang menyerahnya untuk setiap masalah karena setiap masalah pasti ada solusinya.

6. Contoh teks sejarah tentang Danau Toba.

foto: freepik.com

Orientasi:

Seorang laki-laki bernama Toba, hidupnya sederhana tidak memiliki keluarga. Hal yang Toba lakukan hanya memancing untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Urutan peristiwa:

Suatu hari saat memancing, Toba menemukan kail pancingnya menangkap ikan besar. Namun, Toba terkejut saat menemukan ikan besar itu berubah menjadi wanita cantik.

Toba langsung jatuh hati dan akhirnya memutuskan untuk menikahi wanita cantik tersebut. Namu,n ada persyaratan, Toba tidak boleh mengungkit asal wanita itu dari seekor ikan. Akhirnya mereka menikah dan hidup sederhana serta makin lengkap saat dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Samosir.

Samosir memiliki nafsu makan yang besar sehingga Toba harus bekerja ekstra untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Suatu hari ibunya meminta Samosir membawa makan siang untuk ayahnya yang sedang bekerja di ladang. Jarak ladangnya cukup jauh membuat Samosir merasa lapar dan haus.

Akhirnya Samosir tanpa sengaja memakan makan siang yang dibawanya hingga hanya bersisa sedikit. Samosir takut jika ayahnya marah, tetapi jika dia kembali ke rumah, tidak akan ada cukup waktu. Maka pada akhirnya Samosir memilih untuk membawakan makanan kecil itu untuk ayahnya, dan benar saja, Toba marah kepada Samosir.

Dengan emosi Toba melempar bekal makanannya dan mengumpat kepada Samosir dengan berbicara bahwa Samosir adalah anak ikan. Tentu mendengar hal itu membuat Samosir menangis dan pulang dengan sedih.

Samosir menceritakan hal tersebut ke pada ibunya dan tentu saja ibunya merasa Toba telah mengingkari janji. Akhirnya ibunya menyuruh Samosir menuju atas bukit dan menunggu saja di sana. Tiba-tiba air keluar dari tempat istri Toba berdiri dan terus mengalir dengan deras dan tempat Samosir berdiri telah menjadi sebuah pulau kecil.

Reorientasi:

Itulah sejarah di balik Danau Toba dengan pulau kecil bernama Samosir, di tengah danau tersebut.

7. Contoh teks sejarah tentang Instagram.

foto: freepik.com

Orientasi:

Instagram adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membagikan foto yang akan memungkinkan pengguna untuk mengambil foto, menerapkan filter digital, dan dapat membagikan ke berbagai layanan jejaring sosial, terutama memiliki Instagram sendiri. Secara bahasa kata insta diambil dari kata instan.

Sama halnya dengan kamera Polaroid yang pada saat itu dikenal dengan sebutan foto instan dan untuk kata gram yang mau diambil dari kata telegram yang cara kerjanya itu untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.

Urutan peristiwa:

Perusahaan Burbn, Inc. berdiri sejak tahun 2010, perusahaan teknologi startup dimana hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam tersebut. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML 5 peranti bergerak, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan Mike Krieger memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja

Kemudian setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat suatu ide yang bagus, dan kemudian pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn. Akan tetapi di dalamnya masih terdapat beberapa hal yang belum sempurna.

Dimana pada versi Bubn yang telah final, aplikasi yang telah dapat digunakan yaitu iPhone gimana isinya terlalu banyak disertai dengan fitur-fitur canggihnya.

Sweater Kevin systrom dan juga Mike Krieger untuk dapat mengurangi fitur-fitur yang ada, dengan memulai lagi dari awal. Namun akhirnya mereka hanya dapat memfokuskan pada bagian foto, komentar dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto yang telah di upload atau dibagikan. Jangan begitulah kemudian akhirnya terciptalah Instagram.

Pada tanggal 9 April tahun 2012, diumumkan jika Instagram akan segera diambil alih oleh Facebook dengan nilai yaitu hampir $1 Milyar di mana dalam bentuk tunai dan juga saham.

Reorientasi:

Sekarang ini berbagai kalangan mulai dari anak muda sampai dengan orang tua memiliki akun Instagram dikarenakan semakin populernya aplikasi ini.

8. Contoh teks sejarah tentang legenda Batu Menangis.

foto: freepik.com

Orientasi:

Di sebuah daerah di Kalimantan, hiduplah seorang janda miskin. Rumah si janda miskin itu ada di sebuah bukit yang letaknya cukup jauh dari desa. Janda miskin itu tinggal di rumah tersebut tidak sendiri sebab ia memiliki seorang anak gadis yang cantik jelita. Sayangnya, perilaku si anak gadis sangatlah buruk sebab bukan hanya pemalas, anak gadisnya itu sehari-hari pekerjaannya hanyalah bersolek saja.

Anak gadis yang cantik jelita itu juga tidak tahu diri, sebab sikapnya sangat manja sehingga segala permintaannya harus segera dikabulkan. Anak gadis itu seperti tidak mau tahu bahwa ibunya harus banting tulang setiap hari dan penghasilannya itu biasanya hanya cukup untuk makan sehari-hari.

Urutan peristiwa:

Suatu hari, janda miskin mengajak anak gadisnya pergi ke desa untuk berbelanja. Letak rumah janda miskin yang ada di atas bukit itu terbilang cukup jauh dari pasar yang ada di desa, sehingga perjalanan dari rumah ke pasar tersebut tentu sangat melelahkan. Si anak gadis dengan santai melenggang dengan pakaian bagus, ia ingin orang-orang mengagumi kecantikan dan kemolekan tubuhnya.

Sedangkan ibunya dibiarkannya berjalan di belakang dengan pakaian yang sangat dekil. Tempat tinggal mereka yang jauh dari desa itu membuat semua penduduk desa tidak tahu bahwa kedua perempuan yang sedang berjalan ke arah pasar itu adalah ibu dan anak. Banyak penduduk desa yang terpesona melihat kecantikan si anak gadis, khususnya para pemuda desa.

Namun, saat melihat seorang ibu tua dengan pakaian dekil yang berjalan di belakang gadis tersebut, membuat banyak penduduk desa yang melihat itu bertanya-tanya. Benar saja, akhirnya ada seorang pemuda yang mendekati gadis tersebut dan bertanya Hai, gadis cantik, siapakah yang berjalan di belakangmu itu? Apakah dia ibumu?

Mendengar pertanyaan itu, si gadis langsung menjawab dengan ketus dan angkuh, Tidak, ia adalah pembantuku setelah menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh salah satu pemuda desa itu, ibu dan anak itu melanjutkan perjalanannya. Tidak seberapa jauh dari lokasi tersebut, ada pemuda lain yang bertanya hal yang sama dan lagi-lagi gadis tersebut tidak mengakui ibunya yang malang itu.

Berkali-kali ditanya hal yang sama selama perjalanan menuju pasar, si gadis tetap menyangkal bahwa perempuan tua yang berjalan di belakangnya itu adalah ibunya. Awalnya, janda miskin yang mendengar jawaban dari anak gadisnya itu tidak terlalu mempedulikan dan masih bisa menahan diri. Namun setelah berulang kali mendengar jawaban dari anak gadisnya itu, si ibu tua itu akhirnya mengeluh dalam hati.

Dalam hatinya, janda miskin itu berdoa Ya Tuhan, hamba tidak kuat menahan hinaan yang diberikan oleh anak kandung hamba sendiri. Mengapa dia begitu tega memperlakukan hamba seperti ini. Ya Tuhan, hukumlah anak durhaka ini. Setelah janda miskin itu selesai berdoa, tiba-tiba suatu keajaiban terjadi.

Perlahan-lahan tubuh si anak gadis itu berubah menjadi batu, dimulai dari bagian kaki hingga perlahan-lahan ke setengah badan. Melihat perubahan tubuhnya itu, anak gadisnya itu menangis dan memohon ampun kepada ibunya yang telah dihinanya berulang kali itu. Anak gadis itu terus menerus menangis sambil meratap dan memohon ampun.

Namun, semuanya telah terlambat, akhirnya seluruh tubuh gadis angkuh dan tak tahu diri itu berubah menjadi batu. Meskipun sudah menjadi batu, banyak orang yang melihat bahwa kedua matanya masih menitikkan air mata seperti orang yang sedang menangis. Oleh sebab itu, batu itu akhirnya dikenal dengan sebutan batu menangis.

Reorientasi:

Itulah legenda batu menangis yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai sebuah peristiwa yang benar-benar nyata pernah terjadi. Maka dari itu, janganlah durhaka kepada ibu sebab perbuatan laknat itu layak mendapat hukuman dari Tuhan.

9. Contoh teks sejarah tentang alat musik suling bambu.

foto: Instagram/@sapuhachi

Orientasi:

Banyak dari berbagai negara yang sudah mengetahui suling bambu yang berasal dari Indonesia. Alat musik ini masih sering di gunakan sampai saat ini. Suling ini sering digunakan karena relatif mudah untuk memainkannya. Selain itu juga suling mudah dibuat karena bahan baku utamanya yaitu bambu mudah ditemukan di Indonesia.

Urutan peristiwa:

Suling di nusantara banyak dibuat dari bambu.Hal ini tidak mengherankan karena bambu banyak dijumpai di negara ini. Suling bambu banyak dimainkan untuk mengiringi musik.

Suling sering digunakan sebagai nada dasar karena jangkauan nada yang jauh. Suling juga bisa mengiringi penyanyi yang bersuara rendah sampai dengan penyanyi yang memiliki melingking dan tinggi. Beberapa orang beranggapan bahwa alat musik seruling ini telah dimainkan oleh manusia purba Neandhertal. Dengan ditemukannya beberapa peninggalan seruling yang telah berumur sekitar 40.000 tahun.

Suling juga dipercaya sudah berkembang dimasa Mesir Kuno. Terdapat peninggalan yang menunjukkan bahwa masyarakat tingkat sosial atas di Mesir pada waktu itu telah menggunakan alat musik tiup semacam suling. China memiliki beberapa jenis penyebutan untuk suling karena perbedaan fungsi dan nadanya. Jenis suling bambu yang sering dipakai di dalam orkestra modern adalah Bangdi, Qudi, Xindi, dan Dadi, Jepang juga tidak ketinggalan dalam mengembangkan alat musik tiup ini.

Suling bambu di negeri ini banyak memiliki nada-nada tinggi. Di wilayah India, Pakistan, dan Bangladesh, suling disebut dengan nama Bansuri. Bansuri memiliki panjang mencapai 14 inchi. Hal ini membuat Bansuri terlihat panjang dibandingkan suling bambu di negara-negara lain.

Reorientasi:

Bukan hanya di Indonesia, ternyata banyak negara yang sudah menggunakan suling di masa lalu. Perbedaannya adalah ukuran, jenis lubang, dan nama yang digunakan di tiap negara berbeda.

10. Contohteks sejarah tentang ondel-ondel.

foto: Instagram/@komunitas_ondelondel_jakarta

Orientasi:

Terdapat beberapa versi mengenai asal-usul ondel-ondel. Semula ondel-ondel berfungsi sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan. Ondel-ondel biasanya digunakan untuk menambah semarak pesta- pesta rakyat atau untuk penyambutan tamu terhormat, misalnya pada peresmian gedung yang baru selesai dibangun. Betapapun derasnya arus modernisasi, ondel-ondel masih bertahan dan menjadi penghias wajah kota metropolitan Jakarta.

Urutan peristiwa:

Ondel-ondel adalah boneka yang terbuat dari kertas. Tingginya 2,5 meter. Kerangkanya dari anyaman bambu. Dan kepalanya dibuat dari topeng. Sedangkan rambutnya dari ijuk yang diberi warna. Ondel-ondel biasanya dibuat sepasang. Ondel-ondel laki-laki dan ondel-ondel perempuan.

Ondel-ondel itu sendiri sudah dikenal dan diketahui sejak tahun 1602. Namun antara tahun 1966-1977, fungsi ondel-ondel digeser oleh Ali Sadikin, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ondel-ondel ditetapkan sebagai boneka khas Betawi.

Sejak itu sudah tidak ada lagi tradisi mengarak ondel-ondel keliling kampung untuk menolak bala. Sebagai gantinya ondel-ondel digunakan sebagai penyemarak suasana. Dalam pesta pernikahan atau khitanan. Wajah ondel-ondel pun sudah tidak seseram dan semagic dulu. Anak-anak sudah berani mendekat dan foto bersama ondel-ondel.

Terlepas dari apa pun fungsi ondel-ondel sesungguhnya, sebagai warga Jakarta dan orang Betawi khususnya, terus jaga keberadaan ondel-ondel sebagai bagian dari kebudayaan Betawi.

Reorientasi:

Bagi warga Jakarta tentu sudah tidak asing mendengar nama ondel-ondel. Boneka ini merupakan maskot Kota Jakarta. Pada perayaan ulang tahun Kota Jakarta ondel-ondel bisa dijumpai diberbagai tempat. Museum, Monas dan tempat hiburan lain. Sebagai bagian dalam menghibur masyarakat yang datang ketempat tersebut.

11. Contoh teks sejarah tentang kenangan berharga.

foto: pixabay.com

Orientasi:

Saya bernama Minarti Atikah Dewi, biasa dipanggil Tika, anak keempat dari lima bersaudara. Saya lahir di Malang, 11 Januari 1998 dan kini tinggal dan bekerja di Surabaya

Urutan peristiwa:

Masa kecil saya cukup menyenangkan, saya masuk ke taman kanak-kanak pada tahun 2003, dan selalu diantar setiap pagi oleh ayah dan siang harinya giliran ibu yang menjemput saya pulang sekolah. Ayah saya adalah seorang petani yang sehari-hari pergi ke sawah untuk bercocok tanam, sedangkan ibu adalah seorang ibu rumah tangga namun juga membuka warung kecil-kecilan di rumah.

Saat libur tiba, saya biasanya akan ikut ayah ke sawah, bukan untuk membantu namun hanya bermain-main di sekitar sawah, setelah itu biasanya ayah juga akan mengajak saya untuk mandi dan main air di sungai. Setelah saya lulus TK, saya melanjutkan pendidikan di sebuah SD Negeri yang letaknya cukup dekat dari rumah.

Setelah saya masuk SD, saya sudah tidak pernah lagi diantar jemput oleh ayah dan ibu, karena saya selalu berangkat dan pulang bersama dengan Sari, tetangga yang juga menjadi sahabat saya hingga saat ini. Bersama Sari, saya juga duduk satu meja dengannya, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. Sayangnya, setelah lulus SD, saya dan Sari harus berpisah sekolah.

Saya melanjutkan pendidikan, di SMP Negeri 3 Malang sedangkan Sari melanjutkan pendidikannya ke MTS Muhammadiyah Malang. Di SMP saya mendapatkan banyak teman baru dan tentunya kenangan-kenangan bersama teman-teman itu tidak mudah untuk terlupakan. Salah satu kenangan yang sulit dilupakan itu adalah ketika masa orientasi siswa dan saya cukup sering dikerjain oleh kakak kelas.

Setelah saya lulus SMP, ayah memutuskan untuk menyekolahkan saya di Surabaya, sehingga saya harus lebih mandiri walau sebenarnya di Surabaya saya masih tinggal dengan saudara, yaitu dengan keluarga kakak pertama saya.

Satu hal yang paling menyenangkan adalah ternyata Sari juga akan bersekolah di Surabaya, sebab ayah Sari dipindah tugaskan ke Surabaya, sehingga mau tidak mau Sari harus ikut juga ke Surabaya. Nah, di SMA 9 Surabaya inilah saya dan Sari akhirnya melanjutkan pendidikan di sekolah yang sama. Masa-masa SMA juga cukup menyenangkan dan sulit dilupakan.

Reorientasi:

Masa-masa sekolah mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA cukup banyak kenangan yang tercipta. Suka duka bersama teman-teman memang begitu berharga, apalagi hingga saat ini saya juga masih sering berkomunikasi dengan teman-teman sekolah khususnya Sari yang masih menjadi sahabat saya sampai detik ini.

Artikel Asli