Amien Rais Didorong Nyapres 2024, Demokrat: Silakan Saja

Nasional | sindonews | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 20:37
Amien Rais Didorong Nyapres 2024, Demokrat: Silakan Saja

JAKARTA - Dorongan internal Partai Ummat agar Amien Rais maju menjadi calon presiden (capres) 2024 tidak persoalkan Partai Demokrat. Partai Demokrat justru mempersilakan.

"Kalau memang tokoh-tokoh senior seperti Prabowo dan Amien Rais juga didorong maju dan masih punya keinginan, silakan saja," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra kepada SINDOnews, Minggu (26/12/2021).

Sebab, kata Herzaky, Indonesia adalah negara demokrasi. "Seharusnya memberikan ruang yang luas bagi pilar demokrasi, parpol, untuk mengajukan calon-calon pemimpin nasional sebanyak mungkin," kata Herzaky.

Namun, lanjut dia, ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold 20% yang menjadi sumber permasalahan utama dan senjata bagi oligarki. "Berupaya membatasi pilihan rakyat, agar terkonsentrasi di elite tertentu semata yang mudah dikontrol oleh mereka," ujarnya.

Menurut dia, presidential threshold 20%, 15%, atau berapa pun sudah tidak relevan lagi digunakan pada Pilpres 2024. "Apalagi berdasarkan hasil pileg lima tahun sebelumnya. Kekonyolan seperti ini harus diakhiri, semoga tahun 2024 benar-benar menjadi tahunnya rakyat, dengan deretan calon pemimpin nasional yang bisa dipilih, bukan satu dua calon belaka," imbuhnya.

Kata dia, biarkan rakyat yang menentukan calon pemimpinnya pada Pilpres 2024. "Harapan kita, pemerintahan saat ini dan partai-partai pendukungnya memberikan ruang yang luas untuk setiap warga negara untuk diajukan berdasarkan konstitusi.," katanya.

Adapun syaratnya, lanjut dia, sesuai dengan konstitusi, cukup partai politik atau gabungan partai politik saja untuk bisa mengajukan pasangan capres-cawapres tanpa embel-embel ambang batas. "Janganlah kemudian dibatas-batasi, bahkan mencoba menjegal putra-putri terbaik bangsa yang berkualitas sebagai calon presiden di 2024 nanti," tuturnya.

Dia mengungkapkan banyak calon pemimpin nasional berkualitas tinggi yang Indonesia miliki. "Dari deretan ketua umum partai politik, ada Agus Harimurti Yudhoyono ketum Partai Demokrat, Airlangga Hartarto ketum Golkar, Muhaimin Iskandar ketum PKB misalnya," ujar dia.

Sedangkan dari kepala daerah, kata Herzaky, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. "Dari deretan menteri, ada Sandiaga Uno, Erick Thohir, Tito K, bahkan Jenderal Andika," pungkasnya.

Artikel Asli