Kondisi Keamanan Nasional Dinilai Sudah Pulih Layaknya Sebelum Covid-19

Nasional | wartaekonomi | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 20:54
Kondisi Keamanan Nasional Dinilai Sudah Pulih Layaknya Sebelum Covid-19

Sebagian besar publik menilai keadaan keamanan nasional sudah pulih kembali seperti sebelum pandemi Covid-19. Kondisi tersebut berdasarkan temuan dari lembaga survei Saiful Mujani Ressearch and Consulting (SMRC) bertajuk "Ekonomi-Politik 2021 dan harapan 2022 : Opini Publik nasional.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan 62,6 persen masyarakat menilai kondisi keamanan nasional baik atau sangat baik.

Deni mengatakan angka tersebut berbanding terbalik dengan masyarakat yang menilai buruk atau sangat buruk sebesar 12,4 persen.

"Sedangkan untuk masyarakat yang menjawab sedang saja terdapat 22,2 persen dan 2,7 persen yang tidak tahu atau tidak menjawab," ujarnya.

Sejak pandemi Covid-19 Deni mengatakan masyarakat yang menilai kondisi keamanan nasional baik atau sangat baik sempat menurun hingga 53,4 persen pada survei Oktober 2020.

Meski begitu, sentimen positif atas kondisi keamanan kembali naik hingga menyentuh angka 62,6 persen pada survei terbaru.

Deni melanjutkan, dalam survei SMRC terbaru pihaknya menemukan bahwa masyarakat optimis dengan kondisi keamanan pada 2022.

"Warga yang menilai kondisi keamanan setahun ke depan akan baik atau sangat baik sekitar 75 persen. Sementara yang menilai akan buruk atau sangat buruk 4,5 persen. Ada 14,8 persen yang menilai akan sedang saja. Yang tidak tahu atau tidak menjawab 5,7 persen," ungkapnya.

Artikel Asli