Gerakan Dzikir Asnawi Mangkualam Jadi Sorotan

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 20:15
Gerakan Dzikir Asnawi Mangkualam Jadi Sorotan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kapten timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar menjadi pemain penting selama turnamen AFF 2021 di Singapura.

Kekuatan fisiknya yang di atas-rata pemain lain serta kecepatannya membuat ia tak hanya kuat dalam bertahan namun juga lihai dalam membangung serangan. Ia juga memiliki kelebihan dalam umpan-umpan akurat.

Oleh karena itu permainannya selalu menjadi sorotan lawan dan fan timnas Indonesia setiap pertandingan.

Namun setelah kesuksesan Indonesia lolos ke Final Piala AFF, fan Indonesia menyoroti hal lain dari sosok Asnawi yaitu gerakan jarinya yang seolah-seolah sedang berdzikir ketika pertandingan melawan Malaysia pada laga terakhir penyisihan grup B.

Asnawi tertangkap kamera ketika berada di lorong stadion untuk bersiap-bersiap masuk ke lapangan pertandingan. Asnawi tertangkap kamera menggerakkan jempolnya ke seluruh jari tangan kanannya sambil berkomat-komit yang diduga sedang berdzikir.

Asnawi merupakan kapten kedua timnas Indonesia di Piala AFF 2021 setelah Evan Dimas Darmono. Pemain kelahiran Makassar usia 22 tahun ini kini bermain di K-League 2 bersama Ansan Greeners. Ia juga bisa bermain sebagai gelandang bertahan.

Asnawi salah satu pemain yang selalu menjadi starter di turnamen Piala AFF 2021. Pelatih Indonesia Shin Tae-young tampak sangat mempercayai Asnawi dalam skema permainannya.

Indonesia lolos babak final Piala AFF 2021 setelah menaklukkan Singapura pada babak semifinal dengan agregat 5-3. Tim Garuda lolos dari fase penyisihan grup sebagai juara Grup B.

Ini merupakan final keenam bagi Indonesia dalam keikutsertaannya di turnamen ini namun tak pernah merasakan gelar juara.

Artikel Asli