DPD Partai Demokrat Jatim Lantik PAC dan DPRt Partai Demokrat se-Kota Malang

Nasional | jatimtimes.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 19:33
DPD Partai Demokrat Jatim Lantik PAC dan DPRt Partai Demokrat se-Kota Malang

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim) melantik 15 anggota Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan 171 anggota Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) Partai Demokrat se-Kota Malang.

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW Partai Demokrat Jatim Emil Elistianto Dardak yang didampingi oleh Plt Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Bayu Airlangga dan Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kota Malang Sutiaji.

Emil mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan pelantikan yang sudah dilakukan oleh jajaran fungsionaris DPC Partai Demokrat Kota Malang. Di mana jajaran PAC dan DPRt merupakan garda terdepan dalam perjuangan partai.

"Ranting adalah garda terdepan dalam pengabdian partai. Mereka adalah yang harus dekat dengan setiap konstituen untuk bisa menyerap aspirasi, untuk bisa menjadi penyambung antara setiap fungsionaris partai," ungkap Emil kepada JatimTIMES.com usai melantik jajaran PAC dan DPRt Partai Demokrat se-Kota Malang, Minggu (26/12/2021).

Nantinya keberadaan struktur hingga tingkat ranting akan menjadi perantara antara fungsionaris partai yang manjadi anggota legislatif di DPRD Kota Malang dengan masyarakat untuk bersama-sama mengawal pembangunan daerah.

"Maka rakyat tidak melihat ada yang putus antara siapa yang mereka temui sehari-hari dengan dewan yang duduk di legislatif. Ini yang baik. Kebetulan Wali kotanya juga menjadi Plt Ketua dalam hal ini," terang Emil.

Lebih lanjut, Emil pun berpesan kepada 15 anggota PAC di 5 kecamatan dan 171 anggota DPRt di 57 kelurahan agar terus menguatkan basis di tataran yang paling bawah untuk pengabdian dan perjuangan partai ke depan.

"Amanah ini adalah amanah yang menjadi bagian dari kedaulatan negara kita untuk bisa mandiri dalam pemerintahan melalui demokrasi. Mari juga di tingkat daerah ini kita jalankan dengan penuh rasa pengabdian, dengan penuh dedikasi," pesan Emil.

Plt Ketua DPC Partai Demokrat Kota Malang Sutiaji saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Plt Ketua DPC Demokrat Kota Malang Sutiaji menyampaikan, agenda pelantikan anggota PAC dan DPRt yang dibarengi dengan agenda bimbingan teknis pengembangan kapasitas kader merupakan langkah awal untuk memanaskan para kader dan mesin-mesin politik menghadapi kontestasi politik ke depan.

"Sebentar lagi juga ada verifikasi partai, yang walaupun sampai saat ini belum ada kesepakatan entah itu faktual atau administrasi saja," ujar Sutiaji.

Pihaknya menuturkan, para pengurus di lingkup PAC dan DPRt yang baru maupun yang lama akan menjalani bimbingan teknis untuk penguatan konsolidasi di internal partai serta pembekalan politik untuk membaur ke masyarakat.

Selain itu, kegiatan pelantikan dan bimbingan teknis ini juga sebagai pemberian semangat kepada para anggota agar keilmuan di dalam berpolitik lebih meningkat lagi. Kata Sutiaji, jika pengurus yang lama diupgrade, sedangkan pengurus baru diinstall.

"Terhadap ideologi partai, manhaj atau jalan partai, mabda' atau pijakan partai, sehingga harapannya ini nanti rancang bangunnya bisa bertemu. Terus dirijennya tentu pengurus-pengurus di tingkat ranting dan PAC," jelas Sutiaji.

Sehingga nantinya, jika basis di tataran bawah sudah menguat, apapun yang menjadi instruksi dari pusat juga dapat terlaksana dan terimplementasikan di tataran daerah. "Dan tidak banyak tarik ulur untuk pergerakan ke depan," imbuh Sutiaji.

Sementara itu, Sutiaji juga berharap ke depan DPC Partai Demokrat Kota Malang dapat berjaya kembali di kontestasi Pemilihan Legislatif (Pileg) seperti 2009 serta akan bersiap bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Malang ke depan.

"Kita ingin mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di tahun 2009 yang lalu. Target 12 (kursi DPRD Kota Malang) ya, kita kembalikan kejayaan," pungkas Sutiaji.

Artikel Asli