Polisi Periksa Syarat Vaksinasi Secara Random ke Pengunjung Rest Area KM 456

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 18:58
Polisi Periksa Syarat Vaksinasi Secara Random ke Pengunjung Rest Area KM 456

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARANLangkah untuk memperketat pengawasan protokol kesehatan (prokes) oleh jajaran Polres Semarang tidak hanya di laksanakan di tempat- tempat tujuan wisata yang ada di Kabupaten Semarang.

Pada H+1 Natal, Ahad (26/12), anggota Polres Semarang juga memperketat pemeriksaan terhadap mobilitas masyarakat di ruas jalan tol Semarang- Solo yang ada di wilayah Polres Semarang.

Petugas Posko Pelayanan Operasi patuh Candi 2021 Polres Semarang melakukan pemeriksaan kartu vaksinasi maupun melalui aplikasi PeduliLindungi secara random para pengunjung Rest Area KM 456 A dan B, di wilayah Kecamatan Pabelan.

Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika HA mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada masa libur Natal dan Tahun Baru di wilayah Kabupaten Semarang.Kami memastikan, masyarakat yang melakukan mobilitas pada masa libur Natal dan Tahun Baru kali ini-- telah memenuhi persyaratan vaksinasi lengkap, ungkapnya, di Rest Area KM 456 A.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Yovan, anggota Polres Semarang menghentikan kendaraan pengunjung rest area dan melakukan pengecekan surat atau sertifikat vaksinasi kepada pengemudi maupun penumpangnya.

Jika ditemukan ada pengemudi atau penumpang yang belum mendapatkan vaksinasi akan diarahkan oleh petugas ke Posko Pelayanan terpadu, yang juga menyiapkan petugas vaksinator. Apabila kedapatan ada pengguna jalan atau penumpang yang belum vaksinasi Covid-19, langsung diberikan vaksin yang sudah dipersiapkan di lokasi Pos pelayanan rest area 456 A Polres semarang secara gratis, jelasnya.

Sebaliknya, jika pengemudi yang diperiksa maupun penumpangnya sudah divaksinasi, maka pada kendaraannya akan ditempel sticker khusus sebagai tanda bahwa penumpang yang ada di dalam mobil tersebut sudah divaksin.

Polres Semarang bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang akan terus melaksanakan pengecekan secara random kepada pengguna jalan tol selama Operasi Lilin Candi 2021 ini, tegas Kapolres.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Semarang, AKP Rendi Johan Prasetyo mengungkapkan, arus lalu lintas jalur tol Ungaran- Bawen, Ungaran- Salatiga hingga perbatasan Kabupaten Boyolali terpantau lancar.

Baik pada hari H Natal maupun H+1 Natal kali ini situasi arus lalu lintas di dalam tol cukup lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Alhamdulillah, kami pantau arus lalu lintas sepanjang ruas tol wilayah Kabupaten semarang cukup lancar, katanya.// n bowo pribadi

Artikel Asli