Penerapan Firewall dan Protokol IpSec/L2TP Solusi Keamanan Akses Jaringan Publik

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 18:09
Penerapan Firewall dan Protokol IpSec/L2TP Solusi Keamanan Akses Jaringan Publik

Oleh: Andry Maulana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Di tengah perkembangan teknologi yang meningkat pesat, kebutuhan internet bagi suatu perusahaan maupun pribadi, juga menjadi kebutuhan yang sangat penting. Penggunaan internet, seharusnya memiliki suatu keamanan terhadap data dari perangkat yang terhubung ke internet itu sendiri. Tanpa adanya keamanan, maka akan banyak terjadi kejahatan cyber seperti hacking, carding, phising, defacing, dan banyak lagi.

Salah satu keamanan yang digunakan dalam menggunakan perangkat berbasis internet adalah VPN dan Firewall. Firewall merupakan sebuah algoritma yang memungkinkan terjadinya kegiatan filterisasi, untuk menentukan pembatasan akses sebuah komputer, dimana dapat menggunakan akses jaringan publik dan komputer mana saja yang tidak dapat melewati akses jaringan publik, hal ini biasa disebut dengan filtering.

Dari adanya permasalahan ini, dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) program studi (prodi) Sistem Informasi, melakuan suatu penelitian bersama mahasiswa untuk memberikan suatu solusi keamanan jaringan komputer yang dapat diterapkan pada perusahaan yang kesehariannya menggunakan internet.

Dengan metode NDLC (Network Development Life Cycle) yang diterapkan pada dua perusahaan yang berbeda lokasi, maka dua perusahaan tersebut dapat menggunakan layanan internet pada masing-masing pemilik ip public yang berbeda classnya. Untuk itu, dibuatkan sebuah jalur khusus VPN (Virtual Private Network) dengan L2TP/Ipsec.

L2TP ini melindungi perubahan data dari pengirim ke penerima. Karena L2TP menggunakan perlindungan ganda untuk mengamankan data. Perlindungan pertama menetapkan koneksi Point-to-Point Protocol (PPP) antara pengirim dan penerima. Sedangkan, perlindungan kedua mengandung IPsec yang mengandung enkripsi untuk keamanan. Tentu saja, enkripsi ini bisa menyulitkan orang jahil untuk mengganggu.

Setelah jaringan khusus terbentuk, maka untuk memfilter data yang masuk dan keluar baik dari sisi lokal maupun publik diterapkan firewall. Hasil akhir dari penelitian ini, didapat bahwa penerapan konsep keamanan jaringan dengan menggunakan jalur khusus menggunakan internet publik dan penggunaan firewall dapat dijadikan keamanan level terdepan dalam mengamankan data dari kejahatan cyber.

Penelitian dari dosen UNM ini, sudah bisa diterapkan langsung pada perusahaan yang menjadi mitra penelitian. Maka dari itu, penerapan konsep ini bisa menjadi contoh dan mulai diterapkan di perusahaan lainnya.

Artikel Asli