Mancini Masih Optimistis Italia Lolos ke Piala Dunia 2022

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 18:10
Mancini Masih Optimistis Italia Lolos ke Piala Dunia 2022

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Roberto Mancini optimistis Italia lolos ke Piala Dunia 2022. The Azzurri, yang baru saja memenangkan Euro 2020, malah hanya bisa berada di posisi kedua grup kualifikasi di bawah Swiss. Artinya Italia harus memenangkan dua pertandingan di babak play-of untuk bisa berangkat ke Qatar tahun depan.

Mancini mengungkapkan kalau skuadnya menyesal setelah finis kedua di Grup C. Namun ia menilai itu adalah hal yang wajar dalam sepak bola karena terkadang sebuah tim pantas menang dan kadang tidak.

Meski kecewa, Mancini tetap minta timnya untuk menyingsingkan lengan baju dan melakukan pekerjaan dengan baik dalam dua pertandingan ke depan.

''Tapi saya tetap optimistis. Seperti yang saya tahu bahwa grup kami dengan Swiss akan sulit. Saya pikir kami akan lolos. Tapi saya tahu itu akan sulit,'' ujar Mancini dikutip dari Football-italia , Ahad (26/12).

Italia, yang tampil sangat dominan selama Euro 2020, justru mengalami penurunan performa dalam kualifikasi Piala Dunia. Usai jadi juara Euro 2020, Italia hanya sekali menang dalam lima pertandingan kualifikasi Piala Dunia, dengan empat di antaranya imbang.

Italia juga gagal menang dalam dua pertemuan dengan Swiss sehingga harus merelakan posisi puncak Grup C kepada Swiss dengan hanya selisih dua poin. Kini, Italia harus menang atas Makedonia Utara dalam pertandingan pertama.

Bahayanya akan muncul jika Italia bertemu dengan Portugal, yang berada di pot yang sama dalam babak play-off. ''Untungnya kami masih memiliki kesempatan ini dan kami harus melakukan segala yang kami bisa untuk pergi ke Qatar,'' tegas Mancini.

Artikel Asli