Muktamar NU Canangkan Pembentukan Pusat Studi Perdamaian Dunia

Nasional | beritabaru.co | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 11:02
Muktamar NU Canangkan Pembentukan Pusat Studi Perdamaian Dunia

Berita Baru, Jakarta Komisi Program Muktamar NU Lampung mencanangkan pembentukan Pusat Studi Perdamaian Dunia yang terlibat dalam forum-forum internasional dan penyelesaian berbagai konflik internasional.

Sekretaris Komisi Program Muktamar ke-34 NU, Rumadi Ahmad, dalam Sidang Komisi Program yang berlokasi di Graha Bintang Universitas Malahayati, Lampung, Kamis (23/12) mengatakan, peran NU dalam mendorong perdamaian, termasuk penyelesaian konflik di berbagai belahan dunia perlu terus ditingkatkan.

NU harus mengambil peran juru damai terhadap konflik-konflik kawasan agar tercipta hubungan antarnegara yang harmoni, misalnya konflik di Asia Selatan dan Timur Tengah, katanya saat memimpin persidangan.

Selain kontribusi penyelesaian konflik, diterangkan, komitmen NU dalam membangun perdamaian dunia adalah melalui Komite Hijaz sebagai bentuk diplomasi aktif NU kepada Pemerintah Arab Saudi agar situs-situs spiritual Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya tidak dihancurkan.

Upaya lainnya, kata Rumadi, dilakukan lewat relasi dan jaringan dengan berbagai kalangan dunia internasional yang mempunyai kesamaan visi perdamaian dengan NU.

Menuju 100 tahun NU harus terus menjadi inspirasi dalam mendorong perdamaian dan penciptaan tata dunia yang berkeadilan, harap Ketua Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU ini.

NU, lanjut Rumadi, juga harus berperan untuk menciptakan Tatanan Hubungan Internasional di bidang politik dan ekonomi secara bermartabat dan saling membutuhkan, karena tidak ada satupun suatu negara yang mampu memenuhi kebutuhannya sendiri (self suffiency).

Politik internasional ditandai dengan selalu mencari, menambah, dan mempertahankan kekuasaan yang harus dijalankan secara dinamis, jelasnya.

Artikel Asli