Sekolah Bisa Buka Tiap Hari, Namun ini Masalah yang Dihadapi

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 17:41
Sekolah Bisa Buka Tiap Hari, Namun ini Masalah yang Dihadapi

JawaPos.com Satuan pendidikan pada awal semester baru sudah diperbolehkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas setiap hari. Adapun, waktu belajar maksimal sekitar 4 sampai 6 jam.

Meski diperbolehkan, terdapat masalah yang harus dihadapi pemerintah daerah (pemda) sebagai pemegang kendali. Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim mengatakan, salah satu masalahnya adalah pengawasan.

Pasalnya, saat ini sejumlah daerah masih belum mencapai tingkat vaksinasi standar untuk melaksanakan PTM terbatas, namun sudah banyak wilayah yang menerapkan kebijakan baru ini. Menurutnya ini adalah hal yang bertolak belakang.

Kami punya data beberapa daerah itu sudah masuk normal seperti Kabupaten Agam, Kabupaten Ende, Kabupaten Bima, Kabupaten Aceh Timur, kemudian Kabupaten Pandeglang, ini kan paradoks, jelasnya kepada JawaPos.com, Minggu (26/12).

Menurutnya, untuk keberhasilan pelaksanaan SKB ini, keseriusan pengawasan dari pemerintah daerah sangat diperlukan. Sebab, kelalaian pengawasan ini telah menjadi rahasia umum bagi masyarakat.

Terkait durasi tatap muka ini dikatakan maksimal 6 jam, kenyataannya daerah-daerah yang tadi itu untuk SMA mereka sudah masuk 8 jam sehari dari Senin-Jumat, itu dilakukan sejak bulan Agustus, ungkap Satriwan.

Untuk itu, pihaknya meminta agar pemerintah daerah mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pendidik dan tenaga kependidikan, lansia dan anak. Di mana mereka merupakan salah satu syarat pelaksanaan PTM.

Jadi kami menekankan vaksinasi di daerah untuk guru, peserta didik dan lansia itu dipercepat tutupnya.

Artikel Asli