Pengurus Gerbang Tani Tuban Dilantik, Ini Komitmennya Dampingi Petani dan Nelayan

Nasional | jatimtimes.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 17:33
Pengurus Gerbang Tani Tuban Dilantik, Ini Komitmennya Dampingi Petani dan Nelayan

JATIMTIMES - Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia (Gerbang Tani) DPC Tuban masa khidmat 2021-2026 dilantik oleh Sekjen Dewan Pengurus Nasional Gerbang Tani di kampung Londo Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Minggu (26/12/2021)

Dalam pelantikan Badan Otonom (Banom)Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lewatini dihadiri Ketua dan Sekretaris DPC PKB Tuban H. M. Miyadi dan H Mirza Ali, Kader dan politisi Fraksi PKB DPRD Tuban, anggota komisi VII DPR RI Ratna Juwita Sari

Ketua DPRD Tuban Miyadi mengatakan bahwa, Banom pelantikan pengurus Gerbang Tani diharapkan turut serta mengubah kemakmuran, dan mendampingi para petani dan nelayan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan mereka.

"Mari kita sinergikan program-program di gerbang Tani, untuk mengawal petani dan nelayan yang kebanyakan warga jamiyah Nahdlatul ulama di Tuban," ungkap Miyadi yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Tuban.

Dalam konteks wilayah geografis agraris dan industrialisasi, tambah Miyadi memberikan pesan kepada pengurus DPC Gerbang Tani, untuk mendampingi petani yakni problem persolan klasik diantara pupuk. "Kami harap Gerbang Tani aktif mendampingi petani dan nelayan yang sangat dibutuhkan," tandas Miyadi.

Di kesempatan sama, Ketua DPC Gerbang Tani Tuban Moh. Zainuddin mengatakan bahwa, agenda kerja ke depan Gerbang Tani, yakni mengawal agenda perpres nomor 104 tahun 2021 disebutkan proporsional penggunaan dana desa (DD) 20 persen untuk ketahanan pangan, yang dapat di prioritaskan kepada kelompok petani maupun Nelayan. Karena program ini sangat dibutuhkan oleh petani dan nelayan yang umumnya banyak dari konstituen PKB, ujarnya.

Sementara Sekjen DPN Gerbang Tani Gerbang Tani Nur Kholim (Billy) mengatakan kader atau badan otonom Gerbang Tani harus bisa memberikan kontribusi nyata untuk petani di tiap kota/kabupaten.

"Kami menaruh harapan besar kepada organisasi sayap PKB Gerbang Tani untuk turut serta mengubah sejarah kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, khususnya rakyat desa dan rakyat tani menjadi tuan di negeri sendiri dan orang kaya di negerinya sendiri,"

Senada DPN Gerbang Tani Billy, DPR RI Ratna Juwita Sari dikesempatan itu, juga berjanji untuk konsisten memperjuangkan petani dalam meningkatkan taraf pendapatan sektor pertanian.

"Saya berkomitmen kepada konstituen memperjuangkan nasib petani di Tuban. Meski saya di komisi VII. Kami bersama Fraksi PKB siap mengkomunikasikan dengan teman - teman Senayan di bidang pertanian," ucapnya.

Dia menambahkan para petani dan nelayan cukup kuat dimasa pandemi covid-19 terbukti. Mereka tidak pernah mengharapkan serta menggantungkan bantuan sosial. "Sebab itu, pesan Gus Imin kepada kader- kader untuk selalu memberi perhatian khusus kepada petani dan nelayan," tutupnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan pelantikan pengurus DPC Gerbang Tani Tuban, juga dirangkaikan penanaman 1.000 pohon Alpukat serta penyerangan puluhan alsintan alat pertanian kepada kelompok tani wilayah Kabupaten Tuban.

Artikel Asli