Waduh, Masyarakat Nilai Penegakan Hukum Buruk Sejak Pandemi Covid-19

Nasional | wartaekonomi | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 16:37
Waduh, Masyarakat Nilai Penegakan Hukum Buruk Sejak Pandemi Covid-19

Lembagai survei Saiful Mujani Ressearch and Consulting (SMRC) menemukan penilaian negatif masyarakat terhadap penegakan hukum meningkat sejak munculnya pandemi Covid-19. Kondisi tersebut berdasarkan temuan dari lembaga survei Saiful Mujani Ressearch and Consulting (SMRC) bertajuk "Ekonomi-Politik 2021 dan harapan 2022 : Opini Publik nasional.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani mengatakan sebanyak 26,6 persen masyarakat menilai penegakan hukum buruk dan sangat buruk.

Sedangkan sebanyak 42,3 persen masyarakat menilai penegakan hukum baik atau sangat baik, 26,7 persen menilai sedang saja dan 4,5 persen yang tidak tahu atau tidak menjawab.

"Sekalipun persentase warga yang menilai positif lebih besar dari yang negatif, tapi persepsi atas penegakan hukum cenderung memburuk dalam dua tahun terakhir, ujarnya.

Meski begitu, Deni mengatakan masyarakat optimis dengan kondisi penegakan hukum pada 2022. Menurutnya terdapat 63 persen warga yang menyatakan kondisi penegakan hukum pada 2022 akan baik atau sangat baik.

Artikel Asli