Diterjang Longsor dan Banjir, Belasan Rumah Terdampak dan Satu Luka-Luka di Sukabumi

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 16:50
Diterjang Longsor dan Banjir, Belasan Rumah Terdampak dan Satu Luka-Luka di Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Bencana longsor dan banjir menerjang Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/12) sore. Dampaknya sebanyak empat unit rumah mengalami kerusakan akibat longsor dan sebanyak 14 unit rumah lainnya terendam banjir.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, lokasi banjir dan longsor ini terjadi di Kampung Panagan RT 03 RW 02 Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak sekitar pukul 17.30 WIB. '' Hujan deras yang cukup lama mengakibatkan tebing tinggi 10 meter dan lebar 20 meter terjadi longsor,'' ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cibadak, Daming Supriatna, Ahad (26/12).

Longsor mengakibatkan sebanyak empat unit rumah warga mengalami jebol bagian belakang. Ke empat rumah tersebut atas nama Eman Sulaeman 2 KK atau 6 jiwa, Deni Hendrawan 1 KK atau 3 jiwa, Jaya 1 KK atau 3 jiwa, dan Elis 1 KK terdiri atas 2 jiwa.

Longsoran tersebut lanjut Daming, menutupi aliran Sungai Cipamuruyan sehingga aliran sungai tersebut meluap ke pemukiman warga. Dampaknya luapan air sungai menggenangi 14 unit rumah warga yang dihuni 14 Kepala Keluarga (KK).

Dalam peristiwa longsor ini kata Daming, ada satu orang warga atas nama Deni Hendrawan (46 tahun) yang mengalamu luka berat. Di mana korban sempat terkena longsoran material tanah.

'' Tim relawan gabungan mengevakuasi 1 orang korban tertimbun tanah longsoran dan melarikan korban ke rumah sakit untuk penanganan medis,'' kata Daming. P2BK Cibadak juga melakukan koordinasi dengan Camat Cibadak, babinsa, dan babinkamtibmas dan Pol PP Kecamatan Cibadak dalam melakukan pemeriksaan ke lokasi kejadian.

Bencana longsor juga menerjan Kampung Cicangkore RT 04 RW 04, Desa Cisarua, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. '' Hujan deras yang terjadi menyebabkan tembok penahan tanah (TPT) sepanjang 10 meter dan tinggi dua meter ambrol,'' kata P2BK Nagrak, Miky.

Di mana longsor TPT berdampak pada satu unit rumah warga rusak yakni bagian dapur dan kamar mandi roboh, dan sebagian perabotan dapur rusak terseret longsor. Beruntung tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut.

Artikel Asli