Okupansi Hotel BUMN Naik hingga 68 Persen Jelang Akhir Tahun

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 16:29
Okupansi Hotel BUMN Naik hingga 68 Persen Jelang Akhir Tahun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero) atau HIN mengatakan terjadi peningkatan okupansi dalam jaringan hotel anak perusahaan PT Hotel Indonesia Natour (Persero), Hotel Indonesia Group (HIG), jelang akhir 2021. Iswandi menyampaikan peningkatan okupansi terjadi di hotel-hotel di bawah naungan HIG yang berada di berbagai kota dan destinasi dalam menyambut Natal dan tahun baru 2022.

"Akhir tahun memang selalu merupakan kesempatan bagi orang dan wisatawan merayakan Natal dan sekaligus menyambut momentum pergantian akhir tahun," ujar Iswandi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (26/12).

Iswandi menilai peningkatan hunian hotel sangat dipengaruhi oleh daerah atau lokasi hotel berada, dan juga pola atau kebiasaan yang dilakukan wisatawan dalam melakukan kunjungan di destinasi tertentu. Iswandi menyebut tingkat okupansi hotel HIG mencapai rata-rata 68 persen hingga pekan ketiga Desember 2021 atau jauh meningkat dibandingkan masa periode sebelumnya, yang rata-rata sekitar 40 persen.

Iswandi mengatakan daerah destinasi wisata utama seperti Bali dan Parapat merupakan beberapa destinasi yang diminati wisatawan untuk merayakan acara pergantian akhir tahun. "Hotel-hotel di Bali dan khas Prapat di area atau kawasan Danau Toba biasanya terus mengalami tren peningkatan okupansi hingga saat tibanya periode pergantian akhir tahun," ucap Iswandi.

Iswandi menyampaikan meskipun ada ketentuan PPKM level 3 sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, namun cukup banyak wisatawan yang bekerja di swasta dan akan datang untuk merayakan acara pergantian tahun. Tamu-tamu jaringan HIN merupakan gabungan, baik tamu individu atau perorangan maupun dari grup atau lembaga.

"Di samping kota-kota yang secara tradisi menjadi tujuan masyarakat merayakan acara pergantian akhir tahun, HIN juga menawarkan berbagai paket wisata khusus ke destinasi pariwisata super prioritas seperti ke Danau Toba, Mandalika, Likupang, Labuan Bajo, Borobudur, dan Bali," lanjutnya.

Iswandi menyampaikan paket-paket wisata tersebut dapat dipesan melalui platform www.hin-trip.com. Iswandi memastikan semua kegiatan di hotel mengacu ke protokol kesehatan dengan SOP CHSE (cleanliness, health, safety, and environmentally sustainable) secara ketat serta pemberlakuan ketentuan aplikasi Peduli Lindungi bagi para tamu dan pengunjung hotel.

"Protokol kesehatan tersebut diimplementasikan dengan disiplin untuk tamu, para karyawan, dan siapa saja yang memasuki area hotel," ungkap Iswandi.

Dengan penerapan SOP CHSE secara disiplin serta aplikasi Peduli Lindungi, Iswandi berharap tidak terjadi penyebaran Covid-19 di hotel dan memberikan keamanan bagi para tamu di samping tetap memberikan kenyamanan.

"Semua kamar, lobby, dan fasilitas hotel lainnya selalu dilakukan disinfektan dan hand sanitizer, tempat cuci tangan dan tanda-tanda jaga jarak tersedia di seluruh hotel-hotel jaringan Hotel Indonesia Group," kata Iswandi.

Artikel Asli