Apakah Sebentar Lagi Manusia akan Temukan Alien? Teleskop Ini akan Menguak Rahasia Langit

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 16:11
Apakah Sebentar Lagi Manusia akan Temukan Alien? Teleskop Ini akan Menguak Rahasia Langit

GUYANA - Ada banyak yang percaya bahwa alien benar-benar ada dan berada di bintang yang jauh. Nah, semua yang percaya ada alien atau makhluk hidup selain manusia di angkasa raya, pada hari ini senang bukan kepalang.

"Senang sekali, karena James Webb akan makin membuka kemungkinan kita menemukan kehidupan lain di angkasa raya," kata Anas, peminat studi Alien di Yogya, Minggu (26/12).

Ya, NASA sukses meluncurkan teleskop James Webb dalam peluncuran di hari Sabtu, 25 Desember 2021 untuk menjalankan misi bersejarah, menunjukkan bintang-bintang yang menerangi alam semesta.

James Webb diangkat ke angkasa oleh roket Ariane 5 dari pelabuhan antariksa Kourou di Guyana, Amerika Selatan. Demikian dikutip dariBBC, Minggu (26/12).

Teleskop AntariksaJames Webb merupakan sebuah kolaborasi internasional yang dipimpin oleh NASA. Tim yang ikut mengerjakannya adalah Agensi Antariksa Eropa (ESA) dan Agensi Antariksa Kanada. Pembangunannya membutuhkan waktu hampir 30 tahun dengan ribuan orang di seluruh dunia berkontribusi dalam proyek ini.

Penerbangannya ke orbit disebut-sebut hanya berlangsung kurang dari setengah jam. Keberhasilan peluncuran dikonfirmasi oleh sinyal yang ditangkap oleh antena darat yang ada di Malindi, Kenya.

Teleskop James Webb diambil dari nama salah satu arsitek Apollo Moonlandingsekaligus administrator NASA kala itu. Teleskop antariksaini adalah penerus dariteleskop hubble yang telah menunaikan masa tugasnya.

"Janji ilmiah Webb kini lebih dekat dari sebelumnya. Kami siap dengan penemuan yang benar-benar menarik dan hal-hal yang belum pernah kami lihat atau bayangkan sebelumnya," kata Kepala Divisi Sains NASA Thomas Zurbuchen, dikutip dariSpaceflightnow. (YK/N-3)

Artikel Asli