Pemkot Sukabumi Genjot Digitalisasi Layanan Publik

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 16:02
Pemkot Sukabumi Genjot Digitalisasi Layanan Publik

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkot Sukabumi menggencarkan digitalisasi layanan kepada warga. Upaya ini dalam rangka mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada warga.

Hal ini misalnya ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama dan peresmian layanan e-retribusi pelayanan kesehatan antara bank bjb Cabang Sukabumi dan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi digelar di Aula bank bjb Sukabumi, Jumat (24/12) lalu. Kerjasama ini sebagai bagian dari digitalisasi transaksi keuangan atau ekonomi di Kota Sukabumi.'' Digitalisasi keuangan ekonomi sudah sangat lama di dengar karena bagian dari smart government yang dimunculkan,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Ahad (26/12).

Apalagi, dengan pandemi maka percepatan luar biasa sehingga digitalisasi keuangan dengan sangat cepat dilakukan. Pemda harus merespon dampak pandemi dengan digitalisasi layanan. Oleh karenanya percepatan digitalisasi keuangan harus digaungkan dengan sama-sama mengedukasi ke warga

Alhamdulillah kata Fahmi, pemda mendapatkan dukungan dari bank bjb yang mengedukasi pentingnya digitalisasi keuangan yang intinya mengurangi peredaran uang tunai. Sehingga mari edukasi kesehatan dan edukasi digitalisasi transaksi secara bersamaan.

Deputi CEO Regional 1 bank bjb, Nazaro Auliya Priyadi menerangkan, digitatalisasi transaksi menjadi upaya menggali pendapatan asli daerah (PAD). Langkah ini sebagai bentuk dukungan kepada pemda.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Sukabumi meraih dua penghargaan yakni Top Digital Implementation Level Stars 4 dan Top Leader on Digital Implementation yang diberikan kepada Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Penghargaan dari Majalah It Works ini disampaikan dalam ajang Top Digital Awards tahun 2021 di Jakarta pada Selasa, 21 Desember 2021 di Jakarta. Prestasi tersebut dikarenakan penerapan teknologi informasi pada Pemerintah Kota Sukabumi.

Kedua penghargaan diterima oleh Asisten Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Sukabumi Iskandar yang mewakili Wali Kota Sukabumi. ''Alhamdulillah kami bersyukur atas penghargaan yang diraih terkait upaya Pemerintah Kota Sukabumi, menggunakan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan publik,'' ujar Asisten Administrasi Setda Kota Sukabumi Iskandar.

Ia menyampaikan terima kasihnya baik kepada masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta perangkat daerah lainnya atas dua penghargaan Top Digital Awards. Di mana Top Digital Awards merupakan ajang tingkat nasional, diikuti berbagai perusahaan dan lembaga pemerintahan, dalam bidang teknologi informasi yang tahun ini mengangkat tema akselerasi transformasi digital pada bisnis dan pemerintahan.

Penilaian untuk penghargaan dilaksanakan pada 5 November 2021 lalu dan diikuti oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi secara virtual. Dalam penilaian dilakukan evaluasi mengenai penerapan konsep Smart City pada Pemerintah Kota Sukabumi.

Artikel Asli