9 Minuman herbal bisa turunkan kolesterol, cocok dikonsumsi usai Natal

Nasional | brilio.net | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 15:35
9 Minuman herbal bisa turunkan kolesterol, cocok dikonsumsi usai Natal

Brilio.net - Saat perayaan Natal, salah satu momen yang tidak boleh dilewatkan adalah berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Saat berkumpul bersama, nggak lengkap tanpa berbagai hidangan mulai dari camilan, makanan utama, minuman segar, hingga berbagai dessert.

Di Indonesia sendiri, hidangan Natal pun kerap menyesuaikan lidah orang Indonesia. Makanan yang disajikan pun nggak jauh-jauh daging-dagingan, gorengan, makanan manis dan makanan tinggi lemak. Bila berlebihan mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, bisa berisiko meningkatkan kolesterol, lho.

Makanya penting untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak secukupnya. Di sisi lain, kamu juga bisa mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman penurun kolesterol. Salah satu yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah minuman herbal.

Mengonsumsi deretan minuman herbal setelah makan makanan berlemak dipercaya bisa meredam kolesterol. Dilansir BrilioFood dari berbagai sumber pada Minggu (26/12), berikut sembilan minuman herbal yang bisa turunkan kolesterol.

1. Green tea.

foto: unsplash.com

Green tea dipercaya sebagai salah satu minuman herbal terbaik untuk turunkan kolesterol. Dilansir dari twigscafe.com, hal ini dikarenakan green tea mengandung antioksidan seperti katekin.

2. Wedang jahe.

foto: unsplash.com

Walaupun nggak mengandung teh, wedang jahe kerap dikenal juga dengan teh jahe. Dilansir dari healthline.com, kandungan jahe pada minuman ini juga bermanfaat untuk turunkan kolesterol, lho.

3. Kunyit.

foto: unsplash.com

Berbagai minuman herbal yang mengandung kunyit, seperti kunyit asam juga nggak kalah ampuh turunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari webmd.com, kunyit tak hanya bisa turunkan kolesterol, tapi juga menurunkan risiko serangan jantung dan kanker.

4. Temulawak.

foto: unsplash.com

Seperti disebutkan sebelumnya, kadar kolesterol yang tinggi berisiko memicu berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. Dilansir dari longdom.org, mengonsumsi minuman temulawak secara rutin selama tiga bulan bisa menurunkan kolesterol secara signifikan, lho.

5. Air rebusan akar seledri.

foto: unsplash.com

Akar daun seledri yang sudah dibersihkan dan direbus untuk diminum airnya bisa melindungi tubuh dari kolesterol. Tetapi, jangan lupa untuk disaring sebelum diminum. Dilansir dari wysiwygjuice.com, akar seledri dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

6. Lemon.

foto: unsplash.com

Untuk menurunkan kadar kolesterol, kamu juga bisa meminum perasan air lemon. Dilansir dari lemonsforlife.com, cukup dengan rutin mengonsumsi sesendok air lemon yang dicampur dengan air setiap hari, sudah bisa membantu turunkan kolesterol.

7. Bawang putih.

foto: unsplash.com

Bawang putih juga dipercaya ampuh menurunkan kadar kolesterol, lho. Kamu bisa mengonsumsinya langsung maupun diseduh untuk diminum. Dilansir dari verywellhealth.com, bawang putih memiliki senyawa bernama alicin untuk menurunkan kolesterol.

8. Bawang bombay.

foto: unsplash.com

Dilansir dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, bawang bombay juga bisa membantu turunkan kolesterol jahat pada tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya bersama bawang putih yang diolah jadi jus.

9. Daun kelor.

foto: unsplash.com

Daun kelor dikenal juga dengan moringa leaves. Biasanya, bahan ini dikenal sebagai kandungan obat herbal maupun produk skincare. Namun siapa sangka, daun kelor juga baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol, lho. Dilansir dari cookinglight.com, kamu bisa menyeduhnya untuk diminum. Daun kelor bisa menurunkan kolesterol hingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Artikel Asli