Tingkatkan Mutu Lulusan, Prodi Manajemen Pajak Gelar Rapat Evaluasi Bahan Ajar

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 15:15
Tingkatkan Mutu Lulusan, Prodi Manajemen Pajak Gelar Rapat Evaluasi Bahan Ajar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menghadapi perkuliahan semester genap 2021/2022 Program Studi (Prodi) Manajemen Pajak, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), menyelenggarakan rapat dengan dosen Unit Pengembangan Akademik Program Studi Manajemen Pajak.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 16 Desember 2021 secara daring via zoom, dan dihadiri ketua program studi serta dosen Unit Pengembangan Akademik Program Studi Manajemen Pajak, Universitas BSI.

Eka Dyah Setyaningsih, selaku ketua Program Studi Manajemen Pajak, Universitas BSI menyampaikan evaluasi mata kuliah semester ganjil 2021/2022 dan program kerja semester genap 2021/2022. Pembahasannya, membahas mengenai penyesuaian semua materi yang berkaitan dengan pajak seperti PPh orang Pribadi, Ketentuan Umum Perpajakan dan lain-lain, untuk direvisi menyesuaikan Undang-Undang Harmonisasi peraturan perpajakan (UU HPP) yang disahkan oleh pemerintah. Selain itu, ia juga menyampaikan mengenai persiapan untuk pembuatan soal UTS, UAS dan HER.

Kegiatan rapat ini pada dasarnya bertujuan untuk evaluasi bahan ajar, sekaligus persiapan semester genap 2021/2022. Dalam rapat ini, seluruh tim dosen Unit Pengembangan Akademik Program Studi Manajemen Pajak yang hadir, diberikan informasi terkait dengan evaluasi dari seluruh mata kuliah yang ada di semester ganjil, imbuh Eka.

Dalam rapat tersebut, Eka juga menyampaikan mengenai persiapan Reakreditasi Program Studi Manajemen Pajak, dengan instrumen Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA), meningkatkan kinerja dosen terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, memotivasi mahasiswa untuk mengikuti Lomba Nasional, Pengembangan Tax Center dengan kerja sama pihak eksternal serta sertifikasi kompetensi.

Pada kesempatan ini, kami juga menjelaskan peran penting sertifikasi kompetensi dosen dan mahasiswa, yang merupakan suatu wujud pembekalan dari sertifikasi kompetensi misalkan brevet A dan B. Hal ini sesuai dengan hasil masukan dari kegiatan sarasehan dengan stakeholder dan alumni dimana mahasiswa dibekali, katanya dalam keterangan tertulisnya Ahad, (26/12).

Eka juga berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan rapat evaluasi bahan ajar dan persiapan bahan ajar semester genap 2021/2022, dapat meningkatkan kualitas program studi manajemen pajak. "Dalam rapat ini bukan hanya sekedar evaluasi bahan ajar atau mata kuliah. Namun jauh dari hal itu, diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatakan mutu kualitas lulusan program studi manajemen pajak, tutur Eka.

Artikel Asli