Banjir Kerap Rendam Jalur Kabupaten, Relawan Banyumas `Turun Gunung`

Nasional | gatra.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 15:21
Banjir Kerap Rendam Jalur Kabupaten, Relawan Banyumas `Turun Gunung`

Banyumas, Gatra.com Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Lokal 08 Cilongok yang juga tergabung dalam Forum Relawan Lintas Organisasi (FORTASI) Banyumas bergerak membersihkan saluran air (drainase) jalan kabupaten yang menghubungkan di Desa Pernasidi, Kecamatan Cilongok, Minggu (26/12).

Koordinator kegiatan, Eko Supriyanto JZ11VOR yang juga Ketua RAPI Lokal 08 Cilongok mengatakan, pembersihan saluran ini dilakukan lantaran air kerap meluap dan menyebabkan banjir di jalur yang menghubungkan Desa Sambirata, Desa Panembangan dan Pernasidi ini.

Kegiatan membersihkan saluran drainase hari ini bisa terlaksana berkat keterpaduan lintas dinas, kata Eko yang juga Menurut Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Gabungan Kecamatan Cilongok.

Pembina Fortasi, Eddy Wahono yang ikut hadir dalam kegiatan menyebut, Pernasidi terletak di ketinggian 239 Mdpl dan Desa Panembangan berjarak satu kilometer berada di ketinggian 260 Mdpl. Menurutnya selisih ketinggian tersebut sangat berpengaruh pada kecepatan laju air serta volume air yang mengalir.

Volume yang cukup besar tidak tertampung pada drainase serta sumbatan sampah dan tanah hampir sepanjang 50 meter yang menutup drainase serta pemasangan plat beton akan selalu menjadi penyebab limpas banjir di Desa Pernasidi, kata Eddy.

Ia menjelaskan, drainase sebenarnya sudah langsung terhubung dengan saluran Irigasi Andongbang yang berada dalam kewenangan BPSDA Serayu Citanduy. Dan sebagai tampungan limpas banjir dapat dialirkan ke Situ Pernasidi yang berjarak 50 meter dari lokasi langganan banjir tersebut.

Sangat diharapkan peran dinas untuk dapat membuat saluran drainase yang dapat menampung dan mengalirkan debit air pada saat musim penghujan, tandasnya.

Dirinya juga mengaku bangga dengan peran relawan TRC gabungan dapat ikut serta membantu permasalahan lingkungan. Tanpa peran serta masyarakat, permasalahan lingkungan akan sulit diselesaikan.

Sementara, Kades Pernasidi, Sunarso mengatakan, jalan kabupaten di Desa Pernasidi selalu banjir bila hujan. Hal itu disebabkan drainase tidak mampu menampung debit air sehingga limpas ke jalan kabupaten.

Drainase yang ada dengan lebar 40 sentimeter dan dalam 60 sentimeter. Sangat mengharapkan agar dinas berwenang Kabupaten Banyumas untuk melebarkan drainase agar tidak selalu banjir jika hujan, harap Sunarso.

Dalam kegiatan tersebut, bergabung relawan dari Balai PSDA Serayu Citanduy, Forkompimcam Cilongok, Perangkat Desa Pernasidi dan 13 organisasi relawan yang tergabung dalam TRC Gabungan Kecamatan Cilongok, yakni RAPI Lokal 08 Cilongok, Tagana Cilongok, MDMC, MTA, Bagana, Pemuda Pancasila Pernasidi, Under Cover Cilongok, Pramuli, FPRB, Pecinta Alam Cilongok, Banser, dan Kokam.

Artikel Asli