Pebisnis Clothing, Nikia Syarafina Berawal dari Hobi Belanja Fesyen

Nasional | radarjogja | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 13:13
Pebisnis Clothing, Nikia Syarafina Berawal dari Hobi Belanja Fesyen

RADAR JOGJA TANTANGAN berwirausaha kerap menjadi momok bagi sebagian orang. Hal ini tak membuat gentar Nikia Syarafina yang sebelumnya hanya hobi berbelanja fesyen. Kini, justru banting setir dari pekerja kantoran menjadi seorang pebisnis clothing.

Nikia merintis usahanya sejak 2015 silam. Bermula dari gemar belanja fesyen khususnya baju flanel yang hampir setiap minggu. Disusul munculnya peluang usaha online yang tengah naik daun, terlebih tidak perlu ribet membuka toko offline. Lantas membuat perempuan 29 tahun itu yakin keluar dari zona nyamannya menjadi seorang pebisnis. Iya sekarang saya memang sudah fokus ke usaha clothing, katanya kepada Radar Jogja.

Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu mengisahkan, seusai merampungkan kuliah, ia sempat bekerja di salah satu perusahaan swasta. Akan tetapi, selama menjalaninya, Nikia merasa tidak begitu nyaman. Akhirnya dia pun mengambil keputusan resign dari kantor untuk fokus usaha.

Terus terang awal mula jualan itu karena nggak betah kerja di kantoran. Rasanya deg-degan terus, nggak bisa tenang dan monoton di kantor. Karena tergiur keuntungan juga sih, akhirnya pilih jualan online, ujarnya.

Usahanya bernama Reggo Project itu memproduksi berbagai macam apparel, mulai t-shirt, kemeja, hingga celana pendek dan panjang. Pun, ide tersebut muncul karena kegemarannya berdandan kasual sehari-hari. Karena aku pribadi suka sama flanel, cek pasar di online juga ternyata banyak peminatnya.

Akhirnya aku putuskan bikin brand sendiri. Lagipula, produksi baju itu nggak ada basinya, nggak khawatir lah kalau sewaktu-waktu sepi pembeli, jelasnya.

Dengan memanfaatkan penjualan melalui marketplace shopee, apparel produksinya berhasil diminati oleh kalangan muda dari berbagai penjuru tanah air. Terlebih, penjualan online di era modern seperti saat ini diklaim memang sangat menjanjikan.

Praktis, melalui bisnis online ini ia mempunyai lebih banyak waktu bersama keluarga. Berbeda kala masih menjadi pekerja kantoran, hal tersebut jarang didapatkan. Apalagi setelah berkeluarga yang harus menyisihkan waktu untuk sang buah hati. Aku juga suka dengan bidang ini. Jadi, ya sangat menikmati, mulai dari beli bahan sendiri ke Jakarta, atau Bandung, lalu ke konveksi dan ekspedisi sendiri. Ya, bisa dibilang happy jalaninnya, tambah Ibu 2 anak. (wia/bah)

Artikel Asli