Terkait IKN, Jokowi Tinjau Pembangunan Kota Baru di BSD City

Nasional | limapagi.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 12:25
Terkait IKN, Jokowi Tinjau Pembangunan Kota Baru di BSD City

LIMAPAGI - Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja mengatakan Sinar Mas Land tidak sekadar membangun gedung dan jalan saja tetapi juga mengembangkan kawasan hunian yang dapat mengakomodasi aktivitas warganya di masa depan.

Hal itu disampaikan Michael ketika menerima kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa di Kawasan Green Office Park, BSD City, Jumat, 24 Desember 2021. Michael mengaku antusias menerima kunjungan tersebut.

"Kami sangat antusias menerima kunjungan kerja bapak Joko Widodo serta Bapak Suharso Monoarfa," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara pada Minggu, 26 Desember 2021.

Kunjungan Jokowi ini bertujuan untuk meninjau progres pembangunan kota baru oleh pihak swasta, dalam hal ini Sinar Mas Land, terkait dengan rencana pemerintah dalam pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) baru yang terletak di Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe dan Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land Irawan Harahap menjelaskan kepada Jokowi tentang pengembangan kawasan BSD City melalui layar multimedia dan maket kota.

Kemudian, kunjungan dilanjutkan dengan peninjauan lingkungan GOP dan ruang command center di Gedung Sinar Mas Land Plaza untuk melihat kondisi traffic dan keamanan wilayah BSD City yang dapat dipantau dari ruangan itu.

Menutup kunjungannya, Jokowi bertemu dengan sejumlah pelaku usaha yang menjadi bagian dari ekosistem digital di BSD City, seperti program talent development di Purwadhika Coding School, NXL E-sports Training Center, dan Imajin Manufacturing Hub yang menggeluti 3D printing.

Pada kunjungan tersebut, Jokowi juga tertarik terhadap konsep green district, green building, dan green office yang ada di BSD City. Adapun konsep tersebut diusung oleh Sinar Mas Land dengan memadukan kepentingan kegiatan bisnis dan perkantoran yang meliputi Gedung Sinar Mas Land Plaza BSD dan Gedung Green Office Park (GOP) 9.

Kawasan GOP dan gedung perkantoran yang dibangun di atasnya sudah mengimplementasikan konsep sustainable development dalam operasionalnya, yaitu green building, low carbon emission, energy saving, water resource management, green waste management, dan less plastic.

Kawasan GOP dan gedung-gedung lainnya juga telah memperoleh sertifikat green district dan green building dari Building and Construction Authority (BCA) Singapore dan Green Building Council Indonesia (GBCI).

Artikel Asli