UMKM Didorong Tingkatkan Daya Saing dan Perluas Pasar

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 12:03
UMKM Didorong Tingkatkan Daya Saing dan Perluas Pasar

JAKARTA - Pemerintah bersama swasta terus bekerjasama untuk mendorong agar usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) bisa meningkatkan daya saing dan memperluas pasarnya sehingga dapat menambah penghasilan serta meningkatkan kesejahteraan para pelakunya.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno pada acara "Festival UMKM Inovatif dan Kreatif #BangkitWirausaha".

Sebanyak 50 UMKM berpartisipasi dalam festival yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini.

"Festival ini sebagai titik balik UMKM untuk terus maju, bangkit dan meningkatkan inovasi dan kreativitas produk, karena UMKM adalah tonggak kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia," kata Sandiaga dalam siaran persnya, Minggu (26/12).

Rangkaian kegiatan yang berlangsung dari 24 hingga 26 Desember ini diisi dengan acara meliputi talkshow, business matching , mukbang, berbagai promosi belanja, ulasan produk UMKM oleh influencer dan blogger , serta beragam permainan dan kuis menarik disajikan untuk memotivasi dan memperluas pasar UMKM agar dapat bangkit di masa pandemi ini.

Festival yang memperkenalkan kekayaan inovasi produk kuliner dan produk kreatif ini diharapkan akan terjadi transaksi optimal untuk mendorong perputaran ekonomi masyarakat.

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kementerian Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bambang Supriyanto yang mewakili Menteri KLHK dalam sambutannya menekankan peranan UMKM untuk ikut melestarikan lingkungan.

"UMKM yang berdaya saing harusmemiliki wawasan ekonomi sirkular," katanya.

Artikel Asli