Cek Surabaya, Mahfud Gembira Suasana Natal Berjalan Kondusif

Nasional | jawapos | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 10:30
Cek Surabaya, Mahfud Gembira Suasana Natal Berjalan Kondusif

JawaPos.com Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan setiap umat beragama mendapat perlindungan yang sama dari negara. Sehingga mereka memiliki hak yang sama untuk beribadah sesuai keyakinan.

Hal itu disampaikan Mahfud MD saat mengunjungi Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (25/12). Dia didampingi Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V/Brawijaya MayJen TNI Nurchahyanto, serta Sekda Jawa Timur.

Indonesia itu bukan negara sekuler juga bukan negara agama, tapi negara Pancasila. Di Negara Pancasila itu, semua agama dan para pemeluknya dilindungi hidupnya, kata Mahfud.

Dalam negara yang berdasarkan Pancasila, lanjut Mahfud, asumsinya semua agama membawa ajaran kebaikan.

Itulah sebabnya, negara kita dasar pertamanya adalah berdasar Ketuhanan yang Maha Esa, bukan berdasar agama A, B atau C. Ketuhanan yang Maha Esa itulah yang kemudian dilembagakan dan semua dilindungi oleh negara, tambah Mahfud.

Terkait kondisi keamanan, Mahfud menjelaskan berdasarkan laporan yang ia terima, suasana Natal berjalan kondusif. Mahfud optimistis perayaan Natal berjalan aman.

Saya gembira tadi mendapat laporan dari Pangdam dan Kapolda, dari Pemda dan Gereja juga, bahwa sampai saat ini, detik ini, suasana berjalan kondusif. Ada optimisme dan kegembiraan, Insya Allah hari ini sampai besok dalam kaitannya dengan Natal berjalan aman di seluruh Indonesia, jelas Mahfud.

Artikel Asli