Menkes Sebut Indonesia Terus Gencarkan Transformasi Sistem Kesehatan

Nasional | beritabaru.co | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 00:46
Menkes Sebut Indonesia Terus Gencarkan Transformasi Sistem Kesehatan

Berita Baru, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin terus menggencarkan transformasi sistem kesehatan. Berbagai strategi diperkuat, termasuk berkolaborasi dengan pemangku kepentingan.

Jadi, suatu saat kita menghadapi pandemi lagi, kita jauh lebih siap dibandingkan sekarang, kata Budi dalam situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Minggu (26/12).

Budi mengatakan Indonesia bakal lebih tangguh lantaran alat kesehatan, infrastruktur, hingga sumber daya manusia (SDM) kian moncer. Seluruh upaya itu membutuhkan kerja sama dan dukungan semua pihak.

Teranyar, Kemenkes menggandeng Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Kerja sama itu guna meningkatkan pembangunan dan memperkuat ketahanan kesehatan melalui kegiatan kepramukaan.

Diperkirakan 25 juta anggota pramuka bisa membantu untuk menegakkan protokol kesehatan, papar Budi.

Budi menyebut Pramuka juga berperan mendorong testing, tracing, hingga vaksinasi covid-19. Dengan begitu, Indonesia semakin sigap menghadapi masalah kesehatan di masa depan.

Saya harap kerja sama ini berlanjut dan jangkauannya diperluas hingga kwartir cabang kabupaten/kota, ujar mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Artikel Asli