Ciri Doa yang Terkabul

Nasional | republika | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 05:55
Ciri Doa yang Terkabul

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seorang Muslim tentu sudah semestinya terus memanjatkan doa kepada Allah SWT, baik dalam kondisi senang maupun sulit. Namun, ada kalanya kita tidak mengetahui apakah doa yang telah disampaikan itu terkabul atau belum.

Lantas apa ciri-ciri doa kita terkabul?

Dilansir dari laman Elbalad yang mengutip pandangan Darul Ifta Mesir, bahwa ada tanda-tanda doa yang dikabulkan. Di antara tanda-tanda dikabulkannya doa, pertama adalah merasakan hati ini menjadi bersih, dan hati seolah menjadi luruh.

Ciri berikutnya adalah mendapatkan perasaan yang hening, tenang, dan sejuk. Dan ciri terakhir mengenai doa yang terkabul, yaitu kecemasan yang sebelumnya dirasakan pun menjadi hilang.

Karena itu, setiap Muslim hendaknya terus memanjatkan doa dan tidak berputus-asa. Doa bagaimana pun adalah senjata yang dapat digunakan untuk memperkuat semua keadaan beratnya kehidupan yang kita alami. Dengan demikian, semakin dekatlah diri ini kepada Allah SWT dengan melakukan segala amal baik.

Allah SWT berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS Gafir ayat 60)

Allah SWT senang mendengar doa-doa dari para hamba-Nya. Dan Dia mengabulkan doa tersebut sesuai dengan apa yang pantas dan terbaik untuk hamba tersebut, baik dalam kehidupannya di dunia maupun akhirat.

Allah SWT bisa menunda mengabulkan doa hamba-Nya, lalu menggantinya dengan mengusir malapetaka dari hamba tersebut. Atau, Allah SWT juga dapat menyimpan jawaban atas doa tersebut sampai Hari Kiamat.

Artikel Asli