Loading...
Loading…
Penyebab Kematian Dumbo Gajah Milik KBS Diduga Terpapar EEHV

Penyebab Kematian Dumbo Gajah Milik KBS Diduga Terpapar EEHV

Nasional | jawapos | Rabu, 22 Desember 2021 - 19:19

JawaPos.com Kematian Dumbo, gajah Kebun Binatang Surabaya (KBS), diduga akibat virus elephant endotheliotropic herpesviruses (EEHV). Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim kini masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium untuk memastikannya. Langkah antisipasi juga dilakukan. Salah satunya mengisolasi gajah yang diduga terpapar virus serupa.

Pasca kematian sampel organ Dumbo, anak gajah KBS langsung dikirim ke PT Medika Satwa Laboratoris, Bogor. Tujuannya, pemeriksaan PCR. Tim BKSDA Jatim serta Direktorat Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik pun melakukan evaluasi terkait kematian Dumbo. Termasuk dengan tim ahli dari Persatuan Pemerhati Satwa Liar Indonesia (PPSLI).

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan BBKSDA Jatim Gatut Panggah Prasetyo menuturkan bahwa berdasar keterangan dokter dari PPSLI yang menangani gajah, virus menyerang gajah yang masih bayi hingga usia 10 tahun. Virus ini mematikan dan spesifik menyerang gajah, ucapnya kemarin pagi.

Menurut Gatut, EEHV susah dideteksi sejak awal. Penyebab penularan belum diketahui. Entah dari makanan, manusia, atau sanitasinya. Virus tersebut juga pernah menyerang gajah di lembaga konservasi yang sifatnya tertutup. Lokasinya pun berada di pedalaman.

Original Source

Topik Menarik