Loading...
Loading…
Mau Lihat Puncak Hujan Meteor di Indonesia, Ini Lokasinya

Mau Lihat Puncak Hujan Meteor di Indonesia, Ini Lokasinya

Nasional | limapagi.id | Selasa, 21 Desember 2021 - 12:19

LIMAPAGI - Pada hari ini, Selasa (21/12/2021) terjadi puncak hujan meteor Leonis Minorid yang bersumber dari sisa debu komet hiperbolik C/1793 (Zanotti).

Istimewanya, puncak hujan Meteor Leonis Minorid bisa disaksikan langsung dari Indonesia, sejak awal senja astronomis (50 menit setelah terbenam Matahari) dari arah Timur Laut hingga Utara.

Adapun intensitas dari hujan meteor ini mencapai 3,8 - 4,6 meteor per jam, di wilayah Sabang hingga Pulau Rote. Sebab, titik radian berkulminasi pada ketinggian 49,3 derajat hingga 66,3 derajat arah Utara.

Melansir darisitus resmi EDUSAINSA Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), untukintensitas hujan meteor saat di Zenit mencapai 5 meteor per jam.

Jika ingin menyaksikannya, pastikan cuaca dalam keadaan cerah dan bebas dari penghalang maupun polusi cahaya di sekitar medan pandang.

Hal ini dikarenakan intensitas hujan meteor Leonis Minorid berbanding lurus dengan 100 persen tutupan awan. Selain itu, Leonis Minorid juga berbanding terbalik dengan skala Bortie.

Sebagai informasi, skala Bortie merupakan skala yang menunjukkan tingkat polusi cahaya. Semakin besar skala maka tinggi juga polusi cahaya yang timbul.

Original Source

Topik Menarik