Loading...
Loading…
Menyebut Gunung Welirang Erupsi, padahal Fenomena Optik Atmosfer

Menyebut Gunung Welirang Erupsi, padahal Fenomena Optik Atmosfer

Nasional | jawapos | Selasa, 21 Desember 2021 - 05:48

KABAR palsu terkait gunung meletus masih banyak dijumpai di media sosial. Salah satunya video gunung yang berwarna kemerahan saat petang. Katanya, video itu merupakan erupsi yang terjadi di Gunung Welirang.

masih jawa timur || Gunung welirang erupsi. ya Allah ampunilah dosa2 kami, begitu judul video yang diunggah kanal YouTube AJO KALEK. Pemilik kanal itu mengunggah video pada 13 Desember 2021 (bit.ly/ErupsiWelirang).

Video berdurasi 3 menit 16 detik itu mengunggah berbagai rekaman amatir yang tersebar di medsos. Mayoritas rekaman tersebut diunggah dengan keterangan yang berbeda dengan kanal AJO KALEK.

Tidak ada satu pun informasi yang mengklaim bahwa Gunung Welirang sedang erupsi. Jikalau erupsi pun, tentu bakal banyak mekanisme mitigasi bencana, termasuk mengungsikan masyarakat ke tempat yang aman. Saat ditelusuri, tidak ada keterangan resmi yang menyebut fenomena awan merah disertai petir itu merupakan erupsi. Terlebih erupsi Gunung Welirang.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan, fenomena awan berwarna merah tersebut merupakan hal yang biasa terjadi. Situasi itu biasa disebut fenomena optik atmosfer. Warna kemerahan yang muncul pada awan dan langit disebabkan pembiasan cahaya matahari oleh partikel-partikel yang ada di atmosfer. Sehingga pembiasan tersebut menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang, dan memunculkan warna kemerahan.

Semakin rendah posisi matahari dari garis cakrawala, semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai. Fenomena langit kemerahan ini biasanya memang terjadi pada sore menjelang malam hari, kata Teguh. Anda dapat membaca ulasan berita terkait itu, antara lain, di bit.ly/OptikAtmosfer.

FAKTA

Video yang memperlihatkan warna kemerahan di langit sekitar gunung itu bukan karena erupsi. Melainkan fenomena optik atmosfer dan umum terjadi.

Original Source

Topik Menarik