Loading...
Loading…
Baznas Belitung Himpun Zakat Rp2,3 Miliar

Baznas Belitung Himpun Zakat Rp2,3 Miliar

Nasional | republika | Selasa, 21 Desember 2021 - 05:15

IHRAM.CO.ID, BELITUNG -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) hingga akhir November berhasil menghimpun zakat sebesar Rp2,3 miliar dari target yang ditetapkan sepanjang tahun 2021 sebesar Rp2,9 miliar.

"Sampai akhir November jumlah zakat yang berhasil kami kumpulkan tercatat mencapai Rp2,3 miliar," kata Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan dan Sosialisasi Baznas Belitung, Muhammad Amin Nasution, Senin (20/12).

Menurut dia, Baznas Belitung menargetkan sampai akhir 2021 jumlah Zakat, Infaq Shodaqoh (ZIS) yang terkumpul sebesar Rp2,9 miliar. Ia mengatakan, jika melihat jumlah zakat yang berhasil dihimpun hingga akhir November baru mencapai Rp2,3 miliar maka masih ada kekurangan.

"Kekurangan dari target sebesar Rp597 juta namun akan kami optimalkan di satu bulan tersisa yakni Desember," ujarnya.

Amin menambahkan, secara umum pelaksanaan pengumpulan ZIS dan sosialisasi ke masyarakat di daerah itu berjalan dengan lancar, meskipun ada penurunan jumlah penerimaan dikarenakan faktor pandemj Covid-19.

"Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh dalam sisi penerimaan dan pengumpulan seperti ada beberapa orang yang dulunya mengeluarkan zakatnya di kami namun karena faktor pandemi jumlah itu berkurang," katanya.

Dia optimistis, jumlah penerimaan zakat 2021 akan mencapaj target yang telah ditetapkan sebelumnya yakni sebesar Rp2,9 miliar di waktu yang tersisa.

"Masih ada satu bulan tersisa namun meski tidak tercapai Rp2,9 miliar minimal bisa mendekati target. Pada pengumpulan Desember ini kami prediksi bisa tercapai Rp2,6 miliar," ujarnya.

Dia mengucapkan rasa terima kasih kepada para muzaki atau orang yang telah mengeluarkan zakatnya di Baznas Kabupaten Belitung.

"Kami mengucapkan rasa terimakasih telah berzakat di Baznas Belitung dan kami telah menyalurkan kepada mustahik atau orang yang menerima semoga Allah SWT membalas kebaikan kita semuanya," katanya.

Original Source

Topik Menarik