Loading...
Loading…
Gantikan Hubble, NASA Siap Luncurkan Teleskop James Webb

Gantikan Hubble, NASA Siap Luncurkan Teleskop James Webb

Nasional | limapagi.id | Senin, 20 Desember 2021 - 18:00

LIMAPAGI - Teleskop luar angkasa baru, James Webb dijadwalkan akan meluncur pada 24 Desember 2021 dari Pusat Antariksa Guiana di Kourou, Guyana Prancis, pukul 09.20 waktu setempat.

Proyek alat pengamatan itu ditaksir menelan biaya hingga USD9,8 miliar atau sekitar Rp141 triliun. Peluncuran teleskop akan dikemas dalam kerucut dengan roket Ariane 5 untuk perjalanan menuju luar angkasa.

Dalam keterangan resminya, NASA menyebut, Webb akan menjadi penerus teleskop luar angkasa Hubble yang sudah terlebih dahulu meluncur.

Hubble sudah melakukan berbagai penelusuran, termasuk menunjukkan alam semesta hingga menemukan banyak bulan bar di sekitar pluto.

Dengan demikian, proyek teleskop baru James Webb itu siap untuk mengambil alih pekerjaan Hubble yang sudah mengamati luar angkasa sejak 1990.

Tinjauan kesiapan akan dilaksanakan pada Selasa, 21 Desember 2021 untuk memastikan teleskop lengkap dan siap diluncurkan.

Teleskop akan melakukan perjalanan ke tempat terpencil, sekitar 1 juta mil (1,6 juta kilometer) dari Bumi yang dikenal sebagai titik Lagrange. Ini merupakan wilayah cukup stabil secara gravitasi di antara dua benda langit.

Melansir dari Space, Senin (20/12/2021) para ilmuwan NASA berharap teleskop baru ini akan membuka lebih luas pengetahuan tentang alam semesta.

Original Source

Topik Menarik