Loading...
Loading…
Omicron Masuk Indonesia, Ganjar: Perketat Pintu Masuk Jawa Tengah

Omicron Masuk Indonesia, Ganjar: Perketat Pintu Masuk Jawa Tengah

Nasional | jawapos | Kamis, 16 Desember 2021 - 17:03

JawaPos.com Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi di Indonesia. Atas temuan itu, kembali mengingatkan kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali agar lebih waspada.

Hari ini saya melihat di media, Omicron sudah ditemukan. Kalau tidak salah di Wisma Atlet. Maka, ini sudah menjadi peringatan untuk kita yang ada di seluruh Indonesia. Apalagi di Jaw, sangat penting untuk kita semua makin taat protokol kesehatan, kata Ganjar saat ditemui di kantornya, Kamis (16/12).

Jawa Tengah, lanjut Ganjar, juga akan meningkatkan testing dan tracing, termasuk tes sampel dengan whole genome sequencing. Harapannya, varian baru Covid-19 ini tidak sampai masuk ke Jawa Tengah.

Tentu di Jawa Tengah akan kita giatkan lagi testing dan tracing -nya. Kita langsung ambil sampel untuk dites whole genome sequencing . Sehingga bisa tahu, apakah Omicron ini masuk ke Jawa Tengah atau tidak, papar gubernur.

Momen jelang libur Natal dan Tahun Baru ini juga menjadi perhatian serius. Di mana pada momen ini diprediksi terjadi peningkatan mobilitas masyarakat.

Untuk itu, sedari awal Ganjar telah menyerukan agar mengunci pintu-pintu masuk ke Indonesia. Selain itu, penjagaan ketat pintu masuk antardaerah juga harus dilakukan dan dikoordinasikan.

Dikunci saja itu pintu masuknya. Setidaknya sampai Natal dan Tahun Baru ini benar-benar tidak ada mobilitas yang cukup tinggi, tegas Ganjar.

Diketahui di Jawa Tengah, sudah mulai dilakukan pengetatan penjagaan di pintu masuk. Polda Jawa Tengah sudah menyiaapkan sekitar 360-an titik check point. Di masing-masing titik check point tersebut akan disiagakan petugas untuk melakukan testing.

Kita juga akan saling pantau antardaerah. Kemarin Polda Jateng juga sudah menyampaikan titik-titik check point. Di tempat itu akan dilakukan testing-testing sehingga kita bisa lebih cepat tahu posisi pergerakan itu, ujar Ganjar. (Eno)

Original Source

Topik Menarik