Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2,2 Kilometer

Nasional | radarjogja | Published at Kamis, 09 Desember 2021 - 17:44
Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2,2 Kilometer

RADAR JOGJA Gunung Merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran. Kali ini terdeteksi pada 16.38 WIB, Kamis (9/12). Jarak luncuran mencapai 2.200 meter ke arah Kali Bebeng, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Berdasarkan data seismogram BPPTKG Jogjakarta, amplitudo luncuran awan panas mencapai 21 milimeter. Sementara untuk durasi terjadinya awan panas guguran mencapai 174 detik. Catatan arah angin menuju timur.

Benar sore ini Merapi mengeluarkan awan panas guguran sejauh 2,2 kilometer atau 2.200 meter. Durasinya mencapai 174 detik sementara luncurannya ke arah Kali Bebeng, jelas Kepala BPPTKG Jogjakarta Hanik Humaida dalam keterangan tertulisnya, Kamis sore (9/12).

Hanik meminta tetap waspada atas aktivitas Gunung Merapi. Terlebih saat ini intensitas hujan semakin tinggi di puncak Gunung Merapi. Sehingga berpotensi terjadi banjir material lahar dingin di sejumlah sungai yang berhulu Gunung Merapi.

Pihaknya juga terus bekoordinasi dengan instansi terkait. Guna memastikan jarak radius aman erupsi Gunung Merapi tetap terpatuhi. Sejauh radius 3 kilometer untuk arah Kali Woro dan radius 5 kilometer untuk arah Kalo Gendol, Kuningm Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Kali Putih.

Adapula ancaman erupsi eksplosif berupa lontaran material vulkanik yang dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak. Kami minta warga tidak beraktivitas dalam radius berbahaya tersebut, katanya.

Sementara hingga saat ini belum terlaporkan hujan abu vulkanik di pemukiman warga. Hanya saja terpantau adanya hujan abu vulkanik di sekitar puncak Gunung Merapi. Radius ini tetap aman karena berada jauh dari kawasan padat penduduk.

Ada hujan abu tapi di sekitar puncak. Untuk di pemukiman warga masih dipantau. Arahnya sesuai hembusan angin ke timur, ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan. (dwi)

Artikel Asli