Loading...
Loading…
Profil Sutopo Kristanto, Calon Waketum Persatuan Insinyur Indonesia

Profil Sutopo Kristanto, Calon Waketum Persatuan Insinyur Indonesia

Nasional | jawapos | Kamis, 09 Desember 2021 - 06:48

JawaPos.com Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bakal digelar di Bali pada 1618 Desember 2021 mendatang. Salah satu agendanya adalah memilih Wakil Ketua Umum PII periode 20212024. Sudah ada beberapa nama yang siap masuk bursa, termasuk Ir. Sutopo Kristanto MM, IPU.

Sutopo adalah saalah satu tokoh senior di PII dan merupakan Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) Surabaya. Pria yang pernah menduduki berbagai jabatan di Jaya Group dan Komisaris Jawa Pos itu mengangkat tagline KolaborAksi PII Untuk Indonesia Maju 2045.

Visinya mewujudkan PII sebagai pendorong kemandirian bangsa, agen perubahan dan pembangunan, serta value enabler, melalui kontribusi aktif profesionalisme sumber daya keinsinyuran berbasis Ilmu Pengetahuan &Teknologi untuk memajukan peradaban dan meningkatkan kesejahteraan umat manusiav menuju Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri, adil, dan makmur, ujar Sutopo.

Lulusan Magister Manajemen IBII Jakarta dan Sarjana Teknik Sipil ITS punya tiga misi yang dibawa dalam bursa Waketum PII. Pertama, menyelenggarakan keinsinyuran yang handal dan professional, yang mampu meningkatkan nilai tambah, daya guna dan hasil guna, memberikan perlindungan kepada masyarakat, serta mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Kedua, meningkatkan penguasaan dan pengembangan IPTEK melalui pendidikan, pengembangan keprofesian berkelanjutan, dan riset, percepatan penambahan jumlah insinyur yang sejajar dengan negara berteknologi maju, peningkatan minat pada pendidikan teknik dan pendidikan mutu insinyur professional.

Ketiga, memperkuat hilirisasi melalui pemanfaatan inovasi atau prakarsa insinyur untuk meningkatkan nilai tambah sektor industri dalam rangka memperkuat ekonomi nasional, imbuhnya.

Untuk mendukung visi dan misi itu, ada lima nilai dasar yang diusung Sutopo. Yakni, integritas, komitmen dan kompeten, persahabatan, profesionalisme, dan entrepreneur.

Sebagai tokoh insinyur senior, Sutopo sudah mendapatkan berbagai penghargaan. Misalnya, Penghargaan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia atas pencapaian percepatan pembangunan Jalan Tol Cawang Priok, Honorary Fellow ASEAN Federation Engineering Organization, Penghargaan Angka Nitisastro ITS Award Bagi Insan Berjasa Besar bagi Bangsa, Negara dan Almamater. Lalu, ada juga Penghargaan Masa Bakti 40 tahun PT Pembangunan Jaya Group, dan Marketer of The Year 2020, Industry Marketing Special Mention-Construction oleh Mark Plus, Inc.

Profil Sutopo Kristanto

Sutopo Kristanto merupakan sosok profesional berintegritas yang mendedikasikan hidupnya untuk kemajuan keinsinyuran Indonesia selama lebih dari 40 tahun, baik nasional maupun internasional. Dia memulai karirnya di Kementerian Pekerjaan Umum, kemudian mencoba tantangan baru di PT Pembangunan Jaya pada 1982 hingga saat ini menjadi salah satu pimpinan yang disegani pada Pembangunan Jaya, baik di grup dan anak perusahaannya.

Dia sadar bahwa insinyur merupakan kekuatan nyata yang krusial dalam membangun negara dan bangsa Indonesia. Itulah kenapa, Sutopo bertekad mengabdikan diri pada pengembangan dan penguatan keinsinyuran di Indonesia. Termasuk berdedikasi secara secara ikhlas dan tulus pada PII tanpa adanya kepentingan pribadi, kelompok, maupun golongan.

Rekam jejak Sutopo yang jauh dari konflik kepentingan memudahkannya diterima oleh semua kelompok. Tidak hanya di internal PII, tetapi juga di pergaulan nasional dan global. Dia juga punya andil dalam pembangunan gedung PII dan buku Karya Keinsinyuran Indonesia.

Kepemimpinan Sutopo pada berbagai perusahaan besar seperti PT Pembangunan Jaya, maupun JV dengan multinasional adalah hasil profesionalisme dan komitmennya pada keinsinyuran Indonesia serta bukti ketangguhan dan sikapnya dalam mewujudkan nilai-nilai kehidupan, yakni integritas, komitmen, kompeten, persahabatan, profesionalismen dan entrepreneurship.

Leadership yang menjunjung tinggi etika dan integritas ditunjukkannya dalam setiap upaya dan inisiatif berkarya bagi bangsa dan negara melalui praktik keinsinyuran yang profesional.

Peran aktif dalam kepeloporan terwujud pada beberapa proyek-proyek besar di Indonesia. Baik pemanfaatan teknologi baru pada masanya maupun sistem manajemen. Beberapa contoh proyek antara lain, pemloporan pada Jacking System, sosrobahu, precast concrete, pelaksanaan pemutaran pier head, proyek Cawang Priok, tunnel boring machine dan hot recycling plant, pembangunan rnam ruas jalan tol dalam kota di DKI Jakarta, sistem public private partnership pada Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatiluhur, dan sistem teritegrasi moda transportasi di DKI Jakarta.

Original Source

Topik Menarik

{