Loading...
Loading…
Perlu Formula Khusus Benahi TransJakarta

Perlu Formula Khusus Benahi TransJakarta

Nasional | koran-jakarta.com | Kamis, 09 Desember 2021 - 00:00

JAKARTA - Diperlukan formula khusus dalam penanganan dan pembenahan manajemen TransJakarta terkait tingginya tingkat kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini.
"Kita sudah koordinasi dengan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) nanti beberapa hari ke depan, akan ada satu kebijakan bagaimana merespons ini semua. Belakangan ini memang terjadi peningkatan kecelakaan," kata Wakil Gubernur DKI jakarta Ahmad Riza Patria di Matraman, Jakarta, Rabu (8/12).
Riza menambahkan bahwa perlu ada evaluasi terhadap prosedur keselamatan kerja terutama yang menyangkut pengemudi TransJakarta agar kejadian kecelakaan tidak terulang kembali.
"Nanti kami akan inovasi, kami akan revisi bagaimana merespons ini. Mungkin jam operasionalnya lebih diatur, jam istirahatnya lebih ditingkatkan lagi, rekrutmennya juga akan kami perbaiki," ujar Riza.
Sebelumnya dua kecelakaan TransJakarta terjadi dalam dua hari berturut-turut, yakni pada 2 Desember dan 3 Desember 2021.
Pada Kamis (2/12), bus TransJakarta dengan operator PT Steady Safe menabrak Pos Polisi di Lampu Merah PGC Cililitan, Jakarta Timur. Kejadian tersebut mengakibatkan satu orang petugas Patroli TransJakarta luka berat.
Kemudian pada Jumat (3/12), bus dari operator PT Mayasari Bhakti menabrak pembatas jalan (separator) busway di depan Ratu Plaza, Senayan. Pada Senin (6/12) terjadi kecelakaan tunggal bus TransJakarta di Halte Puri Beta 2, Tangerang, Banten, sekitar pukul 09.10 WIB.
Bus TransJakarta kembali terlibat kecelakaan lalu lintas usai menabrak seorang pejalan kaki hingga meninggal dunia di Jalan Raya Taman Marga Satwa Raya Gotong, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Senin malam (6/12) malam.

Lakukan Penyegaran
Terpisah, Polda Metro Jaya merekomendasikan manajemen TransJakarta untuk melakukan penyegaran prosedur keselamatan berkendara kepada para pengemudinya guna meningkatkan aspek keselamatan bagi para penumpangnya.
"Kalau terhadap pengelola tentunya, kami melakukan koordinasi agar ke depan hal ini tidak terulang lagi dengan meningkatkan keterampilan mengemudi, kemudian bagaimana pengetahuan berlalu lintas yang baik, kemudian safety rading dengan melakukan pelatihan secara intens," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Selasa. jon/S-2

Original Source

Topik Menarik