Selera Pasar ke Aset Berisiko Membaik, Rupiah Bisa Menguat Hari ini

Nasional | jawapos | Published at Selasa, 07 Desember 2021 - 12:00
Selera Pasar ke Aset Berisiko Membaik, Rupiah Bisa Menguat Hari ini

JawaPos.com-Perdagangan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bisa menguat tipis hari ini seiring dengan membaiknya sentimen pasar pada aset berisiko. Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) saat ini posisi Rupiah ada di level Rp14.441 per dolar AS.

"Nilai tukar Rupiah mungkin bisa menguat tipis terhadap dolar AS hari ini seiring dengan membaiknya sentimen pasar terhadap aset berisiko," kata analis keuangan Ariston Tjendra kepada JawaPos.com, Selasa (7/12).

Ariston mengungkapkan, indeks saham Eropa dan AS ditutup menguat semalam dan pagi ini sebagian indeks Asia dibuka menguat. Meredanya kekhawatiran pasar terhadap virus Omicron mendorong pelaku pasar masuk kembali ke aset berisiko.

"Banyak ahli mengatakan dampak virus Omicron ringan. Tapi di sisi lain, pasar juga masih mewaspadai penyebaran Omicron yang cepat yang bisa menjadi pandemi baru yang bisa menganggu perekonomian," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, wacana percepatan tapering bisa menahan Rupiah tidak terlalu menguat terhadap dolar AS. Pasar menantikan data inflasi AS terbaru yang akan dirilis hari Jumat malam.

"Data ini menjadi petunjuk pasar selanjutnya. Data yang lebih tinggi dari proyeksi bisa mengukuhkan wacana percepatan tapering dan mendorong penguatan dolar AS," ungkapnya.

Di sisi lain, pagi ini akan dirilis data Neraca Perdagangan Tiongkok pada bulan November 2021. Data menunjukkan surplus yang lebih tinggi dari ekspektasi bisa memberikan sentimen positif tambahan ke pasar. Surplus tersebut karena kenaikan ekspor bisa diartikan ekonomi dunia yang memerlukan ekspor dari Tiongkok sedang pulih.

"Potensi penguatan ke arah 14.420, sementara potensi pelemahan ke arah 14.460," pungkasnya.

Artikel Asli