Gedung Cyber 1 Terbakar, ISC Klaim Data Aman

Nasional | jawapos | Published at Senin, 06 Desember 2021 - 20:04
Gedung Cyber 1 Terbakar, ISC Klaim Data Aman

JawaPos.com Gedung Cyber 1 terbakar pekan lalu. Dari insiden tersebut tidak semua perusahaan yang menyimpan datanya di sana mengalami gangguan.

PT. Indonesia Super Corridor (ISC) atau CNI Group mengklaim datanya di gedung Cyber aman. Data Center ISC Cyber-1 Lantai 9 tetap bekerja dengan baik dan tidak mengalami gangguan. Manager Humas ISC Yunianto menyebut bahwa data center ISC di lantai 9 gedung Cyber tetap berfungsi normal.

Yunianto menjelaskan, amannya data ISC karena pihaknya sudah membuat langkah-langkah antisipasi terhadap ancaman terburuk. Pertama, data Center ISC Cyber-1 lantai 9 (CNI Group) telah memiliki sertifikasi Tier III Facility dari Uptime Institute.

Artinya sistem infrastruktur data center kami yang terpasang telah lulus dalam audit TCCF (Tier Certified Constructed Facility), ujarnya. Datanya mendapat TCCF pada November 2019 dari Uptime Institute, lembaga sertifikasi data center internasional.

Kedua, kebakaran terjadi di Lantai 2 Gedung Cyber-1 berakibat menyebarnya asap ke seluruh koridor gedung Cyber, termasuk koridor lantai 9. Lantai 9 merupakan lokasi data center ISC Cyber. Namun, pihak ISC telah menggunakan sistem pendinginan yang independent dan sistem akses trapped door tahan api. Asap tidak masuk ke dalam ruang Data Center.

Sistem proteksi kebakaran di dalam ruang Data center tidak mendeteksi adanya potensi kebakaran. System Fire Protection tetap standby dalam posisi normal dan siap melindungi aset dalam data center saat terdeteksi potensi kebakaran, terangnya.

Ketiga, sistem kelistrikan Data Center ISC Cyber-1 di lantai 9 terdiri atas dua jalur distribusi. Listrik yang dedicated dan terpisah satu dengan yang lain. Sejak dari lantai 9 sampai ke power house Gedung Cyber, sehingga jalur kelistrikan kami tidak terkena dampak atas terjadinya kebakaran di lantai 2 tersebut, tandasnya.

Pihak ISC (CNI Group) turut berbelasungkawa atas musibah kebakaran tersebut. Dalam musibah itu dua orang meninggal dunia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda Gedung Cyber 1 di Jalan Kuningan Barat, Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (2/12). Api pertama kali muncul di lantai 2 gedung.

Dalam insiden itu dilaporkan ada 3 korban. Satu orang dinyatakan selamat dan 2 lainnya meninggal dunia akibat terjebak di lokasi kebakaran.

Artikel Asli