Loading...
Loading…
Ubur-ubur Hantu Raksasa Terekam Kamera, Begini Penampakannya

Ubur-ubur Hantu Raksasa Terekam Kamera, Begini Penampakannya

Nasional | limapagi.id | Senin, 06 Desember 2021 - 04:51

LIMAPAGI - Penampakan ubur-ubur hantu raksasa berjenis Stygiomedusa Gigantea, berhasil terekam kamera di lepas pantai Monterey Bay, California, Amerika Serikat.

Rekaman tersebut ditangkap oleh ilmuwan Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) di kedalaman 975 meter, menggunakan kendaraan pengoperasian jarak jauh (remote-operated vehicle/ROV).

Ini adalah satu dari sembilan kali kesempatan ubur-ubur raksasa Stygiomedusa Gigantea diamati oleh MBARI.

Stygiomedusa Gigantea merupakan salah satu ubur-ubur terbesar di Bumi. Keberadaannya sudah tersebar di hampir semua laut bagian terdalam, kecuali Kutub Utara.

"Ubur-ubur raksasa pertama kali dikumpulkan pada 1899. Sejak itu, para ilmuwan hanya bertemu hewan ini sekitar 100 kali. Tampaknya, makhluk ini memiliki distribusi di seluruh dunia dan telah dicatat di semua cekungan laut kecuali Kutub Utara," tutur MBARI, melansir dari Live Science, Sabtu (4/12/2021).

Hewan ini memiliki lebar lebih dari 1 meter, dengan empat lengan mulut seperti pita yang bisa tumbuh hingga 10 meter.

Sayangnya, para peneliti tidak bisa meneliti makhluk ini karena keberadaannya yang cukup dalam sehingga dapat hancur jika diangkat menggunakan jaring.

Baca Juga :
Inilah Jenis Ubur-Ubur Terbesar dan Mematikan di Dunia

"Jaring ini dapat berguna untuk meneliti makhluk-makhluk kuat seperti ikan, krustasea, dan cumi-cumi. Tapi ubur-ubur hancur menjadi cairan agar-agar di jaring pukat," imbuh MBARI.

Meski demikian, MBARI meyakini, lengan mulutnya yang panjang digunakan Stygiomedusa Gigantea untuk menjerat mangsanya. Sebab, ubur-ubur ini merupakan predator invertebrata terbesar di laut dalam.

Original Source

Topik Menarik

{