Cara Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda Menurut Dokter

Nasional | republika | Published at Senin, 06 Desember 2021 - 04:10
Cara Agar Terlihat 10 Tahun Lebih Muda Menurut Dokter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terlihat lebih muda tidak datang dari ramuan ajaib. Kekuatan tersebut sebenarnya ada di dalam diri Anda. Direktur Praktek Fakultas Dermatologi Mount Sinai Westside dan Associate Professor of Dermatology, dr Angela J Lamb, memberikan saran untuk terlihat 10 tahun lebih muda seperti dilansir di laman Eat This Not That , Ahad (5/12):

1. Jangan menggosok mata

Bagian tubuh yang cepat menua adalah leher, dahi, dan mata. Kulit di bawah dan di sekitar mata bisa menjadi yang paling lembut dan rapuh. Menggosok mata dapat menyebabkan pembuluh darah kecil pecah, dan mengakibatkan bengkak.

2. Gunakan serum

"Investasikan dalam serum yang bagus," ujar dr Lamb.

Serum adalah produk kekuatan Anda dengan bahan aktif. Mereka sangat penting. Pikirkan vitamin C, A, E, secara topikal.

3. Minum delapan gelas sehari

Meningkatkan kadar air di kulit Anda dapat mencegahnya terlihat bersisik, kusam, dan abu-abu. Minum delapan gelas air setiap hari direkomendasikan oleh banyak dokter kulit. Anda juga dapat memeriksa produk topikal untuk bahan pelembap berikut seperti urea, gliserin, ceramide , dan asam hyaluronic .

"Jika ruangan Anda sangat kering, pertimbangkan untuk menggunakan pelembab udara dan juga hindari mandi air panas terlalu lama, ironisnya, mereka dapat membuat Anda dehidrasi," ujarnya.

4. Bilas kondisioner dengan air dingin

Sedikit air dingin dapat membuat Anda tetap terhidrasi. Air dingin dapat mengunci kondisioner rambut Anda, menghasilkan rambut yang lebih berkilau, dan tampak lebih muda. Sebagai bonus tambahan, mandi air dingin merangsang saraf vagus, yang mengatur tingkat stres Anda.

5. Gunakan tabis surya setiap 90 menit

Pakai tabir surya adalah cara terbaik untuk membantu menjaga kulit Anda terlihat muda dan sehat. "Aplikasikan kembali setiap 90 menit saat keluar rumah," ujarnya.

Faktanya, satu penelitian menunjukkan jika Anda memakai tabir surya spektrum luas setiap hari, Anda akan memiliki 24 persen lebih sedikit penuaan kulit dibandingkan seseorang yang menggunakannya hanya sesekali.

6. Tidur yang cukup

"Hormon stres dan kurang tidur benar-benar memecah kolagen dan mempercepat penuaan," kata dr Lamb.

Belum lagi, seiring bertambahnya usia, kurang tidur dapat menyebabkan masalah memori, lekas marah, depresi atau bahkan lebih banyak jatuh, dan kecelakaan. Menonton TV larut malam itu mungkin terasa menyenangkan pada saat itu, tapi itu akan membuat Anda menua, dan merusak kesehatan Anda, jadi pertimbangkan risikonya setiap saat.

7. Sering tersenyum dan tertawa

Mirip dengan di atas, hanya dengan tersenyum, hubungan yang baik dan kegembiraan yang murni membantu membuat Anda terlihat lebih muda. Sudah terbukti, kata dr Lamb.

Ada alasan biologis untuk ini. Tertawa meningkatkan fungsi pembuluh darah Anda, dan mengurangi stres, dua kunci menunjukkan yang dapat menyebabkan penampilan lebih muda.

8. Pakai topi

"Pakai topi saat hiking atau di luar sepanjang hari. Tabir surya memang penting, tapi perlindungan dari sinar matahari sama pentingnya," kata dr Lamb.

Pendekatan proaktif seperti ini dapat menghabiskan banyak uang tetapi menghemat uang dan rasa sakit nanti, karena terlalu banyak sinar matahari juga tentu saja dapat menyebabkan kanker kulit.

9. Jangan gusar

Sangat penting untuk memastikan Anda tidak memiliki penyakit kulit, tapi penuaan itu sendiri bukanlah sesuatu yang perlu Anda pecahkan. Mengonsumsi makanan tinggi protein tanpa lemak, serat, dan lemak sehat, sering berolahraga, dan temukan kegembiraan dari hidup Anda.

Artikel Asli