Tok, DPR Setujui Aida Budiman Dan Juda Agung Jadi Deputi Gubernur BI

Nasional | rm.id | Published at Selasa, 30 November 2021 - 22:36
Tok, DPR Setujui Aida Budiman Dan Juda Agung Jadi Deputi Gubernur BI

Komisi XI DPR menyetujui Juda Agung dan Aida Budiman menjadi Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Keputusan ini diambil setelah Juda dan Aida menjalani fit and proper test di Komisi XI DPR, Selasa (30/11).

Keputusan ini diambil secara aklamasi dalam rapat yang dipimpin Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto. Kita sepakati dapat diterima sebagai calon Deputi Gubernur Bank Indonesia dan akan diproses seperti peraturan yang ada," kata Dito, dalam rapat tersebut, Selasa (30/11).

Seluruh anggota Komisi XI dari sembilan fraksi menyatakan setuju atas pencalonan kedua kandidat tersebut sebagai Deputi Gubernur BI. "Jadi, kesembilan fraksi menyatakan kedua calon dari Bank Indonesia sebagai Deputi Gubernur, yaitu saudara Juda Agung dan Aida Budiman dianggap mempunyai kapasitas yang mumpuni," lanjut Dito.

Juda Agung merupakan pejabat Asisten Gubernur Bank Indonesia. Ia menduduki posisi tersebut sejak Januari 2020. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Macroprudential Policy BI. Juda sempat didapuk memimpin di Dana Moneter Internasional (IMF) sebagai Direktur Eksekutif sejak 2014 hingga 2017.

Ia mengenyam pendidikan sarjana di Institut Pertanian Bogor (IPB) jurusan Teknik Industri Pertanian pada 1983 hingga 1987. Kemudian, Juda melanjutkan pendidikan master dan doktoral di University of Birmingham jurusan perbankan dan ekonomi.

Sementara, Aida Budiman menjabat sebagai Asisten Gubernur Bank Indonesia sejak tahun lalu. Ia juga sempat menduduki posisi Direktur Eksekutif di beberapa departemen BI sejak 2013. Juga sebagai Wakil Direktur Eksekutif IMF periode 2010 hingga 2013.

Aida mengenyam pendidikan di IPB jurusan Agribisnis. Setelah lulus, dia melanjutkan studi masternya di University of Southern California dan studi doktoral di Claremont Graduate University jurusan ekonomi. [ UMM ]

Artikel Asli