Tak melulu kue, makanan khas ultah 7 negara Asia ini penuh makna

Nasional | brilio.net | Published at Selasa, 30 November 2021 - 21:03
Tak melulu kue, makanan khas ultah 7 negara Asia ini penuh makna

Brilio.net - Merayakan ulang tahun biasanya dilengkapi dengan kue. Kue ulang tahun pun identik dengan bolu yang dilapisi krim di seluruh permukaannya. Lalu, kue akan ditancapkan lilin agar orang yang berulang tahun meniupnya seraya memanjatkan doa.

Tidak hanya itu, sejumlah negara juga memiliki cara lain untuk merayakan ulang tahun, lho. Menariknya, ada yang merayakan ulang tahun dengan hidangan tradisional khas negara masing-masing. Indonesia sendiri punya beberapa hidangan untuk memperingati hari kelahiran.

Di kalangan masyarakat Jawa misalnya, ada bubur merah putih. Makna di balik hidangan ini untuk menolak bala atau menghindarkan kesialan atau keburukan. Hingga sekarang, masih banyak masyarakat Jawa yang menyantapnya untuk merayakan kelahiran bayi atau ulang tahun, lho.

Masih ada lagi hidangan tradisional lainnya untuk merayakan hari ulang tahun. Selain di Indonesia, negara-negara di Asia lainnya juga punya hidangan khas ulang tahun yang penuh makna. Penasaran apa saja?

Berikut hidangan tradisional khas perayaan ulang tahun di tujuh negara Asia yang penuh makna, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Selasa (30/11).

1. Nasi biryani di India disajikan di banyak perayaan, seperti ulang tahun. Nasi biryani yang kaya rempah bisa meningkatkan kenangan masa kecil saat menghirup aroma dan menyantapnya.

foto: Instagram/@travel.adventures786

2. Korea Selatan punya miyeokguk atau sup rumput laut yang identik dengan perayaan ulang tahun. Sajian ini menggambarkan doa untuk kelancaran rezeki.

foto: Instagram/@kimchihalfie

3. Hidangan mi panjang umur khas China umumnya dibuat dari bihun dan telur rebus. Menu satu ini disajikan di hari ulang tahun sebagai doa agar panjang umur dan mendapat keberuntungan.

foto: Instagram/@food.motivates.me

4. Indonesia juga punya nasi tumpeng. Hidangan ini punya makna ketika menjalani hidup harus sungguh-sungguh semangat. Bentuk kerucut tumpeng ini juga sebagai bentuk harapan kehidupan yang lebih baik.

foto: Instagram/@milokitchen

5. Issho mochi di Jepang biasanya disajikan di perayaan kelahiran anak saat masih bayi. Ada makna mendalam dari hidangan ini, lho. Yakni harapan agar anak panjang umur, hidup damai, dan berkecukupan.

foto: Instagram/@random_lil_things

6. Sri Lanka punya kue semolina untuk merayakan berbagai acara, salah satunya ulang tahun. Kue ini disebut juga dengan nama Bolo de Amor atau kue cinta.

foto: Instagram/@chayasbakery

7. Di Singapura, untuk merayakan hari besar maupun ulang tahun, nggak lengkap tanpa hidangan nasi ayam hainan. Nasi ayam hainan ini melambangkan kesederhanaan sebuah hidangan.

foto: Instagram/@sezpk

Artikel Asli