Loading...
Loading…
UAJY Gandeng ORI, Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

UAJY Gandeng ORI, Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Nasional | radarjogja | Selasa, 30 November 2021 - 18:27

RADAR JOGJA Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) berkolaborasi dengan Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Wujudnya adalah peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai penanda berupa penandatanganan dokumen kerjasama di Kampus II Gedung Thomas Aquinas UAJY, Senin (29/11).

Hadir secara khusus dalam kesempatan ini Wakil Ketua ORI Bobby Hamzar Rafinus. Sementara dari jajaran UAJY dipimpin oleh Rektor UAJY Yoyong Arfiadi. Turut hadir pula sejumlah pejabat jajaran Rektorat, Dekan Fakultas dan perwakilan anggota ORI.

Perguruan tinggi memiliki peran signifikan untuk mendukung terciptanya pelayanan publik yang lebih baik dan lebih terbuka. Meskipun UAJY bukan lembaga pemerintah, namun UAJY berkomitmen memberikan layanan pendidikan hingga hukum untuk masyarakat, jelas Rektor UAJY Yoyong Arfiadi dalam kata sambutannya, Senin (29/11).

Yoyong menilai pelayanan publik tak hanya menjadi wewenang plat merah. Setiap aktivitas yang terkait kepentingan hajad hidup orang banyak termasuk dalam pelayanan publik. Sehingga perlu ada pelayanan yang optimal dari penyedia jasa.

Perguruan Tinggi, lanjutnya, juga memiliki tanggungjawab yang sama. Mengoptimalkan pelayanan publik terhadap civitas akademiknya. Termasuk transparan dalam beberapa aspek yang diperlukan.

Kita perlu mendukung terciptanya pelayanan publik yang terbuka dan lebih baik, yang sejalan dengan nilai-nilai Universitas Atma Jaya Yogyakarta tentunya, kata Yoyong.

Adanya kerjasama dengan ORI, menurutnya, sangatlah penting. Terutama dalam proses transfer ilmu dan pengetahuan. Khususnya bagi mahasiswa Fakultas Hukum di UAJY.

Mahaiswa khususnya dari Fakultas HUkum itu memiliki tugas utama untuk ikut ambil bagian dalam mendorong budaya hukum yang ada di masyarakat, ujar Dekan Fakultas Hukum UAJY Sari Murti Widiyastuti.

Wakil Ketua ORI Bobby Hamzah mengungkapkan bahwa pihaknya telah memiliki target untuk menjalin kerjasama. Taka hanya civitas akademik tapi juga dengan berbagai pihak lainnya. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Momentum pertemuan dengan Civitas Akademik UAJY tentu sangatlah bermakna. Setidaknya mengedukasi tentang pelayanan publik yang ideal. Termasuk dalam kehidupan kampus di perguruan tinggi.

Kerjasama yang dijalin mencakup beberapa fungsi dari ORI dan juga dapat mendorong masyarakat lebih aktif dalam memberikan laporan dan aduan mengenai pleayanan publik kepada kami, kata Bobby. (*/om9/dwi)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{