Sperma Ikan Paus Bukan Penyebab Air Laut Asin

Nasional | jawapos | Published at Selasa, 30 November 2021 - 06:30
Sperma Ikan Paus Bukan Penyebab Air Laut Asin

APA yang membuat air laut terasa asin? Para ilmuwan telah memaparkan fakta-fakta berdasar penelitian ilmiah. Namun, tetap saja ada yang menyebarkan informasi keliru. Bisa jadi sekadar untuk bercanda, tapi kekeliruan informasi itu bisa dianggap fakta bila tanpa koreksi yang memadai.

Misalnya, unggahan akun Facebook Sultan Hasanuddin Ibrahim. Dia menyebarkan foto yang berisi keterangan, PAUS JANTAN BEREJAKULASI SEKITAR 40 GALON SPERMA SAAT KAWIN. HANYA 10 PERSEN YANG BERHASIL MASUK KE RAHIM PAUS BETINA. DAN KALIAN MASIH PENASARAN KENAPA AIR LAUT RASANYA ASIN?. Dia menambahkan tiga emotikon tawa pada unggahan tersebut. Ternyata ini penyebab air laut asin, tulisnya pada 2 November lalu (bit.ly/DariSpermaPaus).

Foto serupa ternyata beberapa kali menyebar dengan narasi yang sama. Setidaknya ada dua informasi yang perlu dicek. Yakni, penyebab air asin dan jumlah sperma paus jantan.

Menurut portal resmi milik National Ocean Service, oceanservice.noaa.gov, garam di laut berasal dari dua sumber. Pertama, limpasan dari darat dan bukaan di dasar laut. Batuan di darat adalah sumber utama garam terlarut dalam air laut. Air hujan yang jatuh di darat mengandung sedikit asam sehingga mengikis batuan. Proses itulah yang melepaskan ion dan terbawa ke aliran sungai yang akhirnya masuk ke laut.

Sumber lain dari garam laut adalah cairan hidrotermal yang berasal dari ventilasi di dasar laut. Air laut merembes ke celah-celah di dasar laut dan dipanaskan oleh magma dari inti bumi. Selain itu, beberapa garam laut berasal dari letusan gunung berapi di bawah laut, yang secara langsung melepaskan mineral ke laut. Anda dapat membacanya di bit.ly/SumberGaram.

Soal jumlah sperma paus jantan, para ahli mengatakan tidak jelas berapa banyak sperma yang biasanya dikeluarkan paus jantan saat kawin. Ilmuwan satwa liar di Departemen Ilmu Biologi Universitas Macquarie Dr Vanessa Pirotta mengatakan, angka 40 galon itu belum terbukti secara ilmiah.

Paus biru adalah mamalia besar dan orang akan menganggap potensi produksi sperma mereka cukup besar, tuturnya. Selengkapnya, Anda dapat membaca situs pencari fakta Agence France-Presse (AFP) di bit.ly/KlaimMenyesatkan.

FAKTA

Air laut asin bukan karena sperma paus jantan. Para ahli menyebut salinitas atau tingkat keasinan di antaranya berasal dari ventilasi hidrotermal di dasar laut dan letusan gunung berapi bawah laut.

Artikel Asli